Pj Bupati Konawe Harmin Ramba Buka MTQ ke-37 Tingkat Kabupaten

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 24 Mei 2024
0 dilihat
Pj Bupati Konawe Harmin Ramba Buka MTQ ke-37 Tingkat Kabupaten
Pembukaan MTQ ke-47 Tingkat Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

" Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba secara resmi membuka acara Mushabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-37 dan pemilihan duta qasidah lingkup Pemda Konawe di Inolobunggadue Central Park "

KONAWE, TELISIK.ID - Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba secara resmi membuka acara Mushabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-37 dan pemilihan duta qasidah lingkup Pemda Konawe di Inolobunggadue Central Park, pada Selasa (21/5/2024).

Acara MTQ ke-37 yang mengangkat tema “Mewujudkan Masyarakat Cinta Al Qur’an Untuk Bangsa Yang Bermartabat di Bumi Konawe sebagai Kota Padi” ini, turut dihadiri Pj Ketua TP PKK Konawe, para pimpinan OPD, Forkopimda, Para Asisten, Staf Ahli, Para Kabag, para Camat, Kepala Kantor Kemenag Konawe dan para kafila dari berbagai kecamatan di Konawe.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba mengatakan, pelaksanaan MTQ menjadi agenda tetap dan terprogram setiap tahunnya. Pelaksanaan MTQ sejalan dengan Perda nomor 7 tahun 2003 tentang pemberantasan buta baca tulis Al-Qur'an.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Bakal Umrohkan Peserta yang Berhasil Juara di MTQ Tingkat Provinsi

"Tentu saja program menuju masyarakat Konawe yang maju dan mandiri akan sangat bermakna bagi kesejahteraan masyarakat apabila didukung peran aktif para tokoh agama, yang sangat menentukan gambaran masa depan umat," ungkapnya.

Ia menerangkan, MTQ sebagai bagian dari pembinaan kehidupan beragama sejalan tidak terpisahkan dari pembangunan nasional dalam rangka pembangunan manusia secara utuh khususnya bagi kaum muslimin.

"Mari kita wujudkan prestasi di ajang kabupaten untuk meraih yang terbaik di tingkat provinsi, bahkan nasional," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Konawe, Andi Darmawangsa mengatakan, MTQ ini bukan hanya sekadar ajang kompetisi, melainkan juga momentum untuk meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur'an serta memperkuat ukhuwah Islamiyah diantara umat Islam.

Baca Juga: 142 Calon Jemaah Haji Bakal Berangkat dari Baubau, Tertua Berusia 91 Tahun

Ia berharap, melalui MTQ ini dapat melahirkan generasi yang tidak hanya mahir dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an, tetapi juga memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Andi Darmawangsa menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan masyarakat yang mencintai Al-Qur'an, menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup, dan membanggakan bangsa yang bermartabat di bumi Konawe yang kaya akan budaya dan tradisi.

"Peserta MTQ dan pemilihan duta-duta qasidah berasal dari 28 kecamatan se Kabupaten Konawe dengan total 328 yang akan mengikuti lomba sesuai dengan cabang-cabang yang akan dimusabaqahkan pada MTQ tahun ini," ungkapnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga