PKB Sodorkan Capres Gus Muhaimin Jika Gabung Koalisi, Ini Jawaban Menohok Kubu KIB

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 23 Mei 2022
0 dilihat
PKB Sodorkan Capres Gus Muhaimin Jika Gabung Koalisi, Ini Jawaban Menohok Kubu KIB
Ketua Golkar Jawa Timur, Muhammad Sarmuji. Foto: Yudhie/Telisik

" Dalam etika pergaulan, yang datang belakangan harusnya menyesuaikan diri "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ketua Golkar Jawa Timur, Muhammad Sarmuji, angkat bicara terkait syarat yang diajukan PKB untuk mengusung Gus Muhaimin sebagai capres jika gabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Sekedar diketahui, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) siap bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu diungkapkan Ketum PKB Muhaimin Iskandar di Surabaya, Minggu (22/5/2022). Dia mengaku partainya siap bergabung, tapi syaratnya Muhaimin harus jadi capresnya.

Menurut Ketua Golkar Jawa Timur Muhammad  Sarmuji, dalam etika pergaulan, yang datang belakangan harusnya menyesuaikan diri.

"Setidaknya tidak mematok persyaratan tertentu untuk masuk dalam Koalisi Indonesia Bersatu,” jelasnya saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (23/5/2022).

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini mengatakan, persyaratan sebagai bakal capres yang diajukan PKB tersebut tentunya kalau sudah masuk ke dalam koalisi baru dirembug segala sesuatunya termasuk urusan capres maupun cawapres.

Baca Juga: Ali Mazi Konsultasi Usulan 9 Nama Pj Bupati ke Kemendagri

Jika dilihat komposisi kursi di DPR RI, kata Sarmuji, idealnya yang layak menjadi capres yang diusung Koalisi Indonesia Bersatu adalah Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

“Kalau ukuran layak, tentunya lebih layak Ketum Golkar karena jumlah kursinya terbanyak di antara anggota Koalisi Indonesi Bersatu. Tapi kalau namanya koalisi ya tentunya untuk menentukan harus diambil permufakatan bersama," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah mendeklarasikan Koalisi Indonesia Bersatu pada Kamis, 12 Mei 2022.

Baca Juga: Jubir Sentil Ridwan Bae yang Minta Ali Mazi Tak Bikin Gaduh Soal Pj Bupati

Koalisi ini secara resmi dibentuk oleh ketiga partai politik tersebut untuk menghadapi pemilihan umum dan pemilihan presiden 2024. (C)

Penulis : Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga