adplus-dvertising

Plus Minus Tiga Calon Sekda Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 25 Desember 2021
1514 dilihat
Plus Minus Tiga Calon Sekda Muna
Tiga calon Sekda Muna. Foto: Sunaryo/Telisik

" Ketiga calon Sekda itu merupakan birokrasi senior di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna "

MUNA, TELISIK.ID - Tiga calon sekretaris daerah (Sekda) Muna, Kadis PUPR, Eddy Uga, Kepala Balitbang, Syahrir dan Kepala BKPSDM, Sukarman Loke telah dinyatakan lolos seleksi.

Dari ketiganya, hanya satu yang nantinya terpilih menjadi Sekda definitif. Nah, siapa yang terpilih, semua tergantung pada Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Ketiga calon Sekda itu merupakan birokrasi senior di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna. Namun di balik itu, mereka memiliki plus minus selama menjalankan tugas.


Sisi terbaiknya, mereka mampu menerjemahkan apa yang menjadi visi misi kepala daerah. Namun, mereka juga memiliki rekam jejak yang buruk.

Kadis PUPR, Eddy Uga misalnya, diduga terlilit kasus korupsi pada 10 paket pekerjaan pemeliharaan jalan yang berdasarkan LHP BPK Perwakilan Sultra No.43/LHP/HIX.KDR/12/2019 tanggal 10 Desember 2019, terdapat kekurangan volume pekerjaan yang merugikan negara senilai Rp 939,4 juta.

Baca Juga: Hasil Seleksi Calon Sekda Muna Masuk di KASN

Begitu juga dengan Sukarman Loke pada kasus dugaan korupsi pengadaan mesin oven kayu diperkirakan senilai Rp 132 juta berikut bangunannya sekitar Rp 1 miliar yang berasal dari DAK 2017 yang saat ini masih bergulir di Polres Muna.

Sementara Syahrir bersih dari dugaan penyalahgunaan keuangan, karena yang bersangkutan selama ini tidak mengelola proyek.

Lain lagi menyangkut keterwakilan wilayah. Syahrir dan Sukarman Loke memiliki kedekatan emosional dengan masyarakat di hampir seluruh kecamatan. Sedangkan Eddy Uga hanya sebatas keterwakilan di Tongkuno Raya.

Baca Juga: 136 Napi di NTT Dapat Remisi Hari Raya Natal, 1 Orang Langsung Bebas

Kini, semua dikembalikan pada gubernur untuk memilih yang tentunya atas pertimbangan dari Bupati Muna, LM Rusman Emba selaku user (pemakai).

Proses tahapan seleksi Sekda pun saat ini sudah memasuki penyampain pada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Kita tinggal menunggu rekomendasi KASN untuk selanjutnya diusulkan ke gubernur," kata Pj Sekda Muna, Harmin Ramba, Sabtu (25/12/2021).

Sayangnya, Harmin belum bisa memastikan kapan rekomendasi KASN itu keluar. Namun, itu tidak jadi soal. Karena seluruh proses tahapan seleksi telah selesai dilaksanakan di bulan Desember ini. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga