Pohon Besar Tumbang Bikin Macet dan Listrik Padam di Waliabuku Baubau

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Sabtu, 20 Januari 2024
0 dilihat
Pohon Besar Tumbang Bikin Macet dan Listrik Padam di Waliabuku Baubau
Sejumlah warga Kelurahan Waliabuku saat memotong pohon tumbang di Jalan Poros Waliabuku, Kota Baubau. Foto: Ali/Telisik

" Insiden pohon ukuran besar tumbang terjadi di jalan poros Liabuku, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (20/1/2024) "

BAU-BAU, TELISIK.ID - Insiden pohon ukuran besar tumbang terjadi di jalan poros Liabuku, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (20/1/2024).

Dari insiden pohon tumbang tersebut sempat mengganggu aktivitas warga setempat, hingga menimbulkan kemacetan di sekitar jalan poros Kelurahan Waliabuku.

Tim gabungan dari masyarakat dan polsek setempat melakukan gotong royong bersama dalam mengevakuasi potongan pohon tumbang yang terjadi pada sore tadi.

"Kebetulan tempat pohon tumbang berada persis depan kantor Polsek Bungi. Saya beserta warga sekitar langsung melakukan tindakan dengan bergotong royong memotong batang pohon menggunakan gergaji mesin," ungkap IPDA Sapril Atma, aparat Polsek Bungi yang sedang piket pada waktu kejadian.

Baca Juga: Bantu Ibu Hamil, Puskesmas Batauga Buton Selatan Hadirkan Layanan USG

Sapril mengatakan, insiden pohon tumbang di jalan poros Waliabuku juga menimpah kabel tiang listrik yang menyebabkan listrik padam di wilayah tersebut.

"Pohon tumbang juga menimpah tiang listrik hingga menyebabkan listrik padam di sini. Untuk itu kita menunggu pihak PLN untuk diperbaiki," katanya.

Sebelumnya, kondisi cuaca di Kelurahan Liabuku memang hujan sejak pagi tadi. Namun hingga menjelang sore hujan tak kunjung redah. Bahkan disertai angin kencang yang semakin memperparah cuaca hingga membuat pohon tumbang di wilayah tersebut.

"Tadi itu hujan dari pagi sampe sore, sempat juga disertai angin kencang yang membuat pohon tumbang, dengar ada pohon yang tumbang kami langsung cepat bantu-bantu," kata Arun, warga Kelurahan Waliabuku, Kota Baubau.

Baca Juga: Aktivitas Belajar Siswa SD di Batauga Buton Selatan Bertransformasi ke Era Digital

Insiden pohon tumbang turut menganggu aktivitas warga, khususnya para pengendara bermotor dan beroda empat, yang mana lokasi kejadian persis di jalan poros Waliabuku yang menjadi akses satu-satunya untuk menuju Kota Baubau dan Kabupaten Buton Utara.

"Merasa terganggu, maksud ku perjalan tersendat sementara menuju Buton Utara karena masih tunggu potongan pohon dipindahkan," ujar Andika, salah satu pengendara motor yang akan menuju ke Kabupaten Buton Utara.

Sampai saat ini kondisi jalan sudah mulai berangsur-asur pulih, tim gabungan warga setempat dan Polsek Bungi sudah mulai memindahkan potongan pohon yang tumbang. (A)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga