Bantu Ibu Hamil, Puskesmas Batauga Buton Selatan Hadirkan Layanan USG

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Jumat, 19 Januari 2024
0 dilihat
Bantu Ibu Hamil, Puskesmas Batauga Buton Selatan Hadirkan Layanan USG
dr. Sri Rejeki saat menunjukkan alat USG yang ada di Puskesmas Batauga, Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Tingkatkan mutu pelayanan dan fasilitas kesehatan di Kabupaten Buton Selatan. Kini hadir layanan USG bagi ibu hamil di Kecamatan Batauga "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Tingkatkan mutu pelayanan dan fasilitas kesehatan di Kabupaten Buton Selatan. Kini hadir layanan USG bagi ibu hamil di Kecamatan Batauga.

Kepala Puskesmas Batuaga, Muslihin Mahmud mengatakan, layanan ultrasound (USG) sudah mulai dijalankan sejak tahun 2023 di seluruh Puskesmas di Buton Selatan, khususnya yang ada di Kecamatan Batauga.

"Alat USG sudah mulai beroperasi sejak 2023 melalui bantuan pengadaan alat kesehatan dari Dinas Kesehatan Buton Selatan," katanya, Jumat (19/1/2024).

Ia menambahkan, pengadaan alat USG di semua Puskesmas Kabupaten Buton Selatan nantinya akan ditambah sebanyak 13 unit untuk memaksimalkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"InsyaAllah akan ditambahkan lagi 13 unit alat USG untuk semua Puskesmas di Buton Selatan," kata Muslihin.

Baca Juga: Aktivitas Belajar Siswa SD di Batauga Buton Selatan Bertransformasi ke Era Digital

Secara prosedur yang ada di Puskesmas Batauga, ibu hamil memeriksa kandungannya sebanyak enam kali, hingga memasuki Minggu ketiga sudah diwajibkan pemeriksaan dengan menggunakan alat USG.

"Disini ibu hamil enam kali periksa, masuk Minggu ketiga sudah wajib periksa pakai alat USG," lanjut Muslihin.

Meskipun masih tergolong baru, layanan tersebut sudah sering digunakan untuk melayani ibu hamil dalam memeriksakan usia dan kesehatan kandungan, terutama yang baru memasuki trimester pertama dan trisemester ketiga.

"Dimulai sejak usia kehamilan pertama, trisemester pertama, sama ketiga kalau untuk pelayanan di puskesmas," ujar dr. Sri Rejeki sekali dokter umum Puskesmas Batauga sambil menunjukan alat USG.

Sri mengungkapkan, ibu hamil dapat dilayani dengan alat USG sejak kunjungan pertama dan kelima. Namun pada trisemester ketiga juga dapat dilakukan pemeriksaan satu kali.

"Biasanya di kunjungan pertama dan l kelima kita bisa lakukan. Tapi kunjungan pertama kan trisemester awal dan trisemester ketiga masing-masing satu kali pemeriksaan," lanjutnya.

Baca Juga: SAR Hentikan Pencarian Nelayan Hilang di Teluk Lande Buton Selatan

Sri juga menerangkan, tidak ada jadwal rutin bagi ibu hamil untuk dapat menikmati layanan kesehatan USG di Puskesmas Batauga.

"Tidak ada, tergantung ibunya, kalau datang periksa sekaligus ANC dan memang sudah mencakup kunjungannya yang kelima sudah bisa di USG, nanti kita lihat dengan usia kehamilannya," tutup Sri.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan, Hasriadi mengungkapkan, semua puskesmas di Kabupaten Buton Selatan telah mendapatkan pengadaan fasilitas kesehatan berupa alat USG.

"Alat USG di setiap puskesmas di Buton Selatan sudah ada dan dokternya sudah diberi pelatihan baik secara online maupun offline," ungkapnya pada tim Telisik pada 10 Januari 2023.

Untuk diketahui, pelayanan USG yang ada di Puskesmas Batauga buka dari hari Senin sampai Sabtu dalam melayani pemeriksaan kesehatan kandungan ibu hamil. (A)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga