Polda Sumatera Utara Tarik Kasus Wanita Tewas di Bawah Lift Bandara Kualanamu

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 04 Mei 2023
0 dilihat
Polda Sumatera Utara Tarik Kasus Wanita Tewas di Bawah Lift Bandara Kualanamu
Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi ketika memberikan keterangan kepada sejumlah awak media. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Polda Sumatera Utara, menarik kasus wanita tewas Asiah Dewi karena jatuh di bawah lift Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA) yang berada di Kabupaten Deli Serdang "

MEDAN, TELISIK.ID - Polda Sumatera Utara, menarik kasus wanita tewas Asiah Dewi karena jatuh di bawah lift Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA) yang berada di Kabupaten Deli Serdang.

Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan itu kepada sejumlah awak media di kantornya, Kamis (4/5/2023) siang.

"Iya, proses penanganan perkara pengunjung bandara yang jatuh dan meninggal dunia itu sudah ditarik dari Polresta Deli Serdang ke Polda Sumatera Utara. Direktorat Reserse Kriminal Umum yang menanganinya," kata Hadi Wahyudi.

Baca Juga: Mayat Perempuan Ditemukan Membusuk di Lift Bandara Kualanamu Sumatera Utara

Menurut Hadi, penarikan perkara itu untuk mempercepat proses penyelidikan yang sedang bergulir.

"Polda Sumatera Utara juga langsung membentuk tim, pasca ditariknya penanganan kasus atau perkara ini. Penarikan untuk mempercepat proses penanganannya," tambahnya.

Tim yang dibentuk terdiri dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum, Direktorat Reserse Kriminal Khusus, Laboratorium forensik dan penyidik Polresta Deli Serdang.

"Masing-masing bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Misalnya, dari laboratorium forensik akan mendetailkan dari mulai korban itu masuk ke dalam lift sampai akhirnya ditemukan meninggal dunia," terangnya.

Sedangkan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Panca Putra menambahkan, penyidik akan melakukan penyelidikan terkait dengan ditemukannya wanita tewas di bawah lift bandara itu.

"Jadi tim telah meninjau lokasi. Memang di sisi pintu yang dibuka dan mengakibatkan kecelakaan itu ada ruang yang cukup lebar kurang lebih 40- 60 Cm saya hitung kemarin. Kenapa ada ruang," kata Irjen Pol Panca Putra.

Jenderal bintang dua itu mengaku, ruang yang menyebabkan korban jatuh menjadi masalah.

"Meskipun dikatakan pihak pengelola bahwa ruang ini untuk melakukan perbaikan, tetapi sebagaimana CCTV yang dilihat itu dibuka pintunya, terbuka yang bersangkutan tidak sadar itu ada ruang, ketika melangkah sehingga terjatuh ke bawah," tuturnya.

Baca Juga: Penyidik Hentikan Laporan Aditya Hasibuan Dilapor ke Mabes Polri, Pengacara Minta Kapolda Dievaluasi

Panca mengaku sudah menyelidiki lebih jauh soal celah tersebut. Penyidik akan memeriksa pengelola bandara dan juga pihak yang memasang lift tersebut.

"Kenapa ini ada ruang? Ini menjadi bagian dari pemeriksaan. Kita tunggu saja hasil pemeriksaannya. Apakah adanya dugaan kelalaian atau tidak," terangnya.

Sebagaimana diketahui, korban ditemukan tewas di bagian bawah lift Bandara Kualanamu Internasional Airport Kamis 27 April 2023 petang. Kondisinya sudah membusuk. Setelah itu, jasad korban dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan untuk dilakukan otopsi. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga