Prabowo Daftar ke KPU Pekan Depan, Peluang Gibran Bergantung Rapimnas Golkar

Mustaqim, telisik indonesia
Jumat, 20 Oktober 2023
0 dilihat
Prabowo Daftar ke KPU Pekan Depan, Peluang Gibran Bergantung Rapimnas Golkar
Bakal calon presiden yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, saat tiba di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat (20/10/2023). Foto: Antara

" Bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto yang diusung gabungan partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM), berencana mendaftar bersama bacawapres pasangannya ke KPU RI pekan depan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto yang diusung gabungan partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM), berencana mendaftar bersama bacawapres pasangannya ke KPU RI pekan depan.

Prabowo merasa yakin segera memiliki bacawapres yang akan mendampinginya. Meski Mahkamah Konstitusi (MK) baru akan mengumumkan putusan terkait permohonan uji materi batas usia maksimal capres-cawapres pada Senin (23/10/2023), dua hari jelang hari terakhir pendaftaran di KPU RI.

“Saya kira Minggu depan sudah kita pendaftaran (ke KPU) ya. Minggu depan, bukan hari Minggu (22/10), Minggu depan,"  jelas Prabowo kepada para wartawan di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (20/10/2023).

Prabowo tak menampik belum memiliki bacawapres yang resmi, walau sudah ada beberapa nama yang diunggulkan. Dia pun meminta wartawan bersabar sambil menunggu keputusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-2 Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023), besok.

Baca Juga: Ketua Bawaslu Baubau Imbau KPU Larang Peserta Pemilu Sebar APK di Luar Masa Kampanye

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, memastikan Rapimnas besok akan memutuskan capres-cawapres yang bakal diusulkan oleh partainya untuk bertarung di Pilpres 2024. Namun, Airlangga belum mau menyebutkan sosok cawapres yang bakal didukung oleh Golkar.

“Pastinya capres mengerucut satu nama yang mengarah kepada Prabowo Subianto,” ujar Airlangga berkelakar.

Sikap optimis di tengah dinamika politik yang kian berkembang berusaha terus ditunjukkan oleh Partai Golkar. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus menegaskan, KIM tidak pernah ragu dalam menentukan bacawapres bagi Prabowo.

“Siapa yang bilang ragu? Banyak yang pengen menjadi bacawapres Prabowo. Banyak yang pengen, enggak ada yang diragukan, enggak ada keraguan,” tegas Lodewijk.

Lodewijk mengakui, tidak mudah menentukan pasangan bacapres dan bacawapres karena banyak orang kompeten yang ingin mendampingi Prabowo. Sementara KIM harus menentukan pilihan pada satu nama untuk mendampingi Prabowo sekaligus bisa membantu mendulang suara untuk menang di Pilpres 2024.

“Memangnya gampang menentukan pasangan (bacawapres untuk Prabowo), terus tahu-tahu ada yang lebih kompeten lagi gimana. Jadi, tidak perlu terburu-buru. Banyak yang dipertimbangkan, tunggu saja keputusannya nanti,” tegasnya.

Baca Juga: Pasangan Ganjar-Mahfud juga Memenuhi Syarat, Mega Dua Kali Salah Sebut Mahbub

Pernyataan Lodewijk ini memunculkan pertanyaan, mungkinkah Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, peluangnya tetap terbuka atau tertutup?

Menjawab hal itu, Airlangga mengatakan sudah ada komunikasi dengan Gibran terkait kabar akan bergabung ke Partai Golkar. “Komunikasi sudah ada, mengenai kegiatan apa lanjutannya ditunggu saja,” kilahnya.

Terkait informasi Gibran akan bergabung ke Partai Golkar melalui Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), Airlangga pun masih enggan berkomentar lebih jauh. Dia tetap meminta pekerja media dan publik bersabar, apakah Gibran akan benar bergabung atau tidak. “Kita lihat saja,” ujarnya. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga