Profil Ilham Hamra, Dari Konsultan Konstruksi jadi Anggota DPRD Kendari 3 Periode

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 16 Juli 2023
0 dilihat
Profil Ilham Hamra, Dari Konsultan Konstruksi jadi Anggota DPRD Kendari 3 Periode
Anggota DPRD Kota Kendari tiga periode, Ilham Hamra bakal nyaleg lagi untuk ke empat kalinya. Foto: Facebook DPRD Kota Kendari

" Anggota DPRD Kota Kendari tiga periode, Ilham Hamra siap maju kembali memeriahkan pesta demokrasi untuk ke empat kalinya di Pemilu 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Anggota DPRD Kota Kendari tiga periode, Ilham Hamra siap maju kembali memeriahkan pesta demokrasi untuk ke empat kalinya di Pemilu 2024.

Pria kelahiran 2 Februari 1966 tersebut sudah tak asing di mata masyarakat dan elit politik Kota Kendari. Tiga kali ia memenangkan pertempuran politik dan menjabat sebagai anggota DPRD Kota Kendari sejak 2009 silam.

Ilham sendiri lahir dan besar di Kota Kendari, lulus SMA, Ilham merantau dan kuliah di Universitas Merdeka Malang dan mendapat gelar insinyur di tahun 1991.

Selepas lulus, Ilham memulai karirnya di salah satu perusahaan kontraktor besar di Jakarta, kemudian juga mendirikan perusahaan konsultan kontraktor bersama teman sejawatnya.

Baca Juga: Profil Lengkap Bupati Muna LM Rusman Emba Tersangka Kasus Suap Dana PEN

Ia pertama kali nyemplung dunia politik saat menjadi simpatisan Partai Golkar dan tim sukses Wiranto saat maju sebagai calon Presiden 2004.

Di tahun yang sama, Ilham memutuskan untuk kembali ke kota kelahirannya dan memulai bisnis travel sambil aktif sebagai kader Partai Demokrat. Ilham memilih partai tersebut karena kekagumannya pada figur Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat ia masih menjabat sebagai Menko Polkam.

Meski punya latar belakang berbeda jauh, Ilham memutuskan untuk terjun di politik saat kepulangannya ke Kendari dan melihat kesulitan masyarakat sekitar.

Menurutnya, tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk mendorong kesejahteraan masyarakat selain masuk parlemen dan menjadi bagian dari pembuat kebijakan.

Hingga di tahun 2009, Ilham terpilih sebagai anggota DPRD Kota Kendari untuk pertama kalinya. Ilham bersyukur banyak perubahan baik yang terjadi di dapilnya sejak ia menjajaki periode pertama sebagai wakil rakyat. Ia mengingat kembali bagaimana keadaan masyarakat Dapil III Kecamatan Poasia-Abeli) saat awal ia menjabat.

”Dulu masyarakat mendayung, pakai pelita, jalanan masih becek,” tuturnya.

Masa kerjanya banyak ia habiskan untuk mendorong infrastruktur, khususnya jalan di dapilnya yang kini semakin mulus dan lebar. Selain itu Ilham juga memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar dengan memberikan kapal fiber, mesin kapal, genset, hingga alat tangkap agar mereka mandiri dalam segi ekonomi.

Tahun depan, Ilham masih bertekad untuk maju jadi anggota dewan di dapil yang sama, yaitu Dapil III Kecamatan Poasia-Nambo-Abeli. Menurutnya tugasnya belum selesai dan masih banyak yang perlu ia perbaiki di dapilnya tersebut.

Baca Juga: Profil Rusdianto, Tiga Periode sebagai Wakil Rakyat jadi Modal Tarung Cabup Konawe

Ia mengatakan, visi dan misi yang ia bawa setiap pemilu tak pernah berubah, yaitu menarget perbaikan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan, khususnya bagi masyarakat Poasia-Abeli-Nambo.

Dilansir dari Dprd-kendari.go.id, di DPRD Kota Kendari, Ilham Hamra juga menjabat sebagai Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) yang bertugas menyusun dan mengkoordinasikan rancangan program pembentukan Perda antara DPRD dan pemerintah kota.

Saat ini Ilham Hamra bertugas di Komisi I DPRD Kendari yang membidangi hukum dan pemerintahan. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga