Proyek Rehabilitasi Infrastruktur Sekolah di Kolaka Timur Dinilai Bermasalah

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 17 Februari 2023
0 dilihat
Proyek Rehabilitasi Infrastruktur Sekolah di Kolaka Timur Dinilai Bermasalah
Proyek rehabilitasi jamban dan tower air di SDN 1 Simbalai Kolaka Timur dinilai bermasalah. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Guru dan kepala sekolah mengeluhkan proyek rehabilitasi jamban serta tower air yang tidak berfungsi di SDN 1 Simbalai, Kolaka Timur "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Guru dan kepala sekolah mengeluhkan proyek rehabilitasi jamban serta tower air yang tidak berfungsi di SDN 1 Simbalai, Kolaka Timur.

Sejatinya pembangunan sarana dan prasarana harus memenuhi standar kelayakan dan memberikan manfaat bagi sekolah dan muridnya.

Kepala SDN 1 Simbalai, Sutriani menuturkan, pengerjaan rehabilitasi jamban dan tower air sama sekali tidak berfungsi karena tidak ada mesih airnya.

Baca Juga: Masyarakat di Kolaka Timur Laporkan Kepala Desa ke Bupati

"Itu hari saat pemeriksaan kontraktornya datang bawa mesin air, tapi mesin bekas, habis itu setelah pemeriksaan dia cabut kembali," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui apakah akan ada mesin air pengganti atau tidak, pasalnya dalam RKB sudah difungsikan bahkan pihak dinas juga sudah datang dan melihat pengerjaannya.

Hal senada diungkapkan salah seorang guru di SDN 1 Simbalai, Zainul, pihak sekolah mengapresiasi langkah pemda dalam pembangunan di sekolah.

"Hanya kami sangat sayangkan pengerjaannya yang malah seperti ini," ujarnya.

Ia juga menjelaskan rehabilitasi toilet tidak terpakai karena tidak adanya septic tank atau pembuangannya.

"Kasian anak-anak kalau mau buang air pada saat jam sekolah harus pergi di kali belakang sekolah," tambahnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Herman Amin L, saat di konfirmasi menuturkan pihaknya sudah menyampaikan kepada pihak pengelola agar segera diperbaiki.

Herman juga menyebut, pihak pengelola masih memiliki dana retensi atau dana pemeliharaan yang tidak akan dicairkan kalau pihak pengelola tidak melakukan perbaikan.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Latih Kepala Sekolah Perencanaan Berbasis Data

"Jadi saya sudah tegaskan kepada pengelola untuk segera memperbaiki tower air tersebut," ujarnya.

Ia juga mengatakan akan melakukan peninjauan di SDN 1 Simbalai pada Senin pekan depan.

Dari pantauan Telisik.id, pembangunan RKB di SDN 1 Simbalai telah selesai dan harusnya sudah bisa difungsikan, hanya saja tower air yang masih menyisakan masalah, jumlah anggaran yang digunakan tidak diketahui karena papan nama proyek sudah tidak ada di lokasi pembangunan. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga