Puncak HPN, Presiden Pakai Tenunan Masalili Muna Motif Rebung dan Bintang

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 09 Februari 2022
0 dilihat
Puncak HPN, Presiden Pakai Tenunan Masalili Muna Motif Rebung dan Bintang
Presiden Joko Widodo mengenakan kemeja dari bahan tenunan Masalili Muna. Foto: Ist.

" Motif tenun yang dikenakan Presiden, Joko Widodo adalah rebung dan bintang "

MUNA, TELISIK.ID - Suatu kebanggan bagi Kabupaten Muna di puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN), Rabu (9/2/2022), Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengenakan kemeja yang berbahan kain tenun Masalili.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Muna, Yanti Setiawati Rusman menerangkan, motif tenun yang dikenakan Presiden, Joko Widodo adalah rebung dan bintang.

Rebung bermakna salah satu jenis kuliner tradisional yang dikonsumsi masyarakat Muna sehari-hari. Sedangkan motif bintang, filosofinya, berada tinggi di atas langit sehingga tepat dikenakan oleh presiden yang merupakan kepala negara.

"Motif yang dikenakan Pak Presiden itu  lazim dikenakan masyarakat Muna," kata Yanti.

Terpilihnya tenun Masalili Muna sebagai bahan pakaian yang dikenakan presiden beserta stafnya, tidak terlepas dari promosi yang gencar dilakukan Dekranasda selama ini, sehingga banyak diminati para pejabat negara maupun masyarakat luas.

Baca Juga: Tertarik Mete dan Tenun, Maroko Siap Investasi di Muna

"Kain tenun yang dikenakan Pak Presiden itu dipesan langsung oleh Dekranasda Sultra, kami hanya sebatas memfasilitasi ke pengrajin," ungkapnya.

Sebenarnya, sesuai rencana, kain tenun yang dipesan Dekranasda Sultra itu mencapai ratusan lembar. Namun, karena waktu yang diberikan hanya 10 hari, pengrajin hanya mampu menyelesaikan 25 lembar.

Baca Juga: Pemkab Muna Bakal Mutasi Pejabat Besar-besaran

"Tenun 25 lembar itu, hanya khusus untuk presiden dan stafnya," tukasnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga