Putra-Putri Buton Utara akan Wakili Sulawesi Tenggara Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2023

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 24 Juli 2023
0 dilihat
Putra-Putri Buton Utara akan Wakili Sulawesi Tenggara Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2023
Putra dan putri Duta Wisata asal Kabupaten Buton Utara berhasil keluar sebagai juara pertama dalam pemilihan Duta Wisata Sulawesi Tenggara 2023. Foto: Ist.

" Putra dan putri duta wisata asal Kabupaten Buton Utara berhasil keluar sebagai juara pertama dalam pemilihan Duta Wisata Sulawesi Tenggara 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID – Putra dan putri duta wisata asal Kabupaten Buton Utara (Butur), berhasil keluar sebagai juara pertama dalam pemilihan Duta Wisata Sulawesi Tenggara 2023. Duta Wisata putra bernama Riyan Rahmat Jaya dan dari putri atas nama Wayu Sundari.

Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar pemilihan Duta Wisata Sulawesi Tenggara 2023 di Kabupaten Kolaka mulai 22 sampai 23 Juli 2023. Pemilihan Duta Wisata diikuti oleh seluruh Duta Wisata perwakilan kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara.

Duta Wisata asal Kabupaten Buton Utara berhasil mengungguli Duta Wisata dari kabupaten/kota lainnya melalui audisi yang berlangsung begitu ketat.

Sementara itu, juara dua putra diraih oleh Duta Wisata Kabupaten Konawe bernama Ryamizard Usdin Rachim, sedangkan juara kedua kategori putri diraih oleh Nur Ayu Syaindra dari Kabupaten Kolaka.

Juara ketiga putra berhasil diraih oleh Duta Wisata Kabupaten Bombana atas nama Erwin, sedangkan juara ketiga putri juga berhasil dimenangkan oleh Duta Wisata Bombana atas nama Bella.

Baca Juga: Ini Dia Duta Pariwisata Muna Barat, Terus Dikontrol Etika dan Mentalnya

Sebanyak 10 dari 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara mengirimkan utusannya untuk menjadi Duta Wisata Sulawesi Tenggara 2023. Sebelumnya, mereka telah melaksanakan seleksi di tingkat kabupaten/kota asalnya masing-masing. Jumlah peserta sebanyak 26 orang, yang terdiri dari masing-masing 13 orang laki-laki dan perempuan.

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Andi Syahrir mengatakan, beberapa kabupaten mengirimkan lebih dari satu utusannya, seperti Kabupaten Kolaka yang mengirim utusan hingga tiga pasang, sedangkan Muna Barat mengirim utusan sebanyak dua pasang.

Adapun rangkaian penilaian terdiri dari tes tertulis, wawancara mendalam, dan unjuk bakat, yang menguji kemampuan para kontestan dari aspek wawasan pengetahuan umum, kepariwisataan, seni budaya, kemampuan bahasa Inggris, kepribadian, dan bakat masing-masing.

Riyan Rahmat Jaya dan Wayu Sundari dari Kabupaten Buton Utara akan mewakili Sulawesi Tenggara di pemilihan Duta Wisata tingkat nasional. Foto: Ist.

 

Dewan juri terdiri dari Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dispar Sulawesi Tenggara Andi Syahrir, praktisi publik speaking/MC ternama Sulawesi Tenggara Muhammad Idul Patra, Putri Citra Indonesia Tahun 2015 dan Putri Pariwisata Indonesia Sulawesi Tenggara 2017 Divi Ayu Wulandari, dosen Bahasa Inggris Universitas Halu Oleo Sartiah Yusran, dan psikolog Universitas Halu Oleo Nani Restati Siregar.

Juara pertama nantinya akan mewakili Sulawesi Tenggara dalam ajang pemilihan Duta Wisata Nasional 2023 yang akan digelar di Kota Kendari, November mendatang.

“Para juara ini harus memiliki motivasi yang kuat di ajang berikutnya mengingat pada Duta Wisata Nasional Tahun 2022 di Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara berhasil keluar sebagai juara. Tentu, prestasi tahun lalu perlu kita pertahankan,” ujar Andi Syahrir, Minggu (24/6/2023).

Baca Juga: Putra Muna Barat Terpilih Duta Pariwisata Kebudayaan 2022 Tingkat Nasional

Selain itu, Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara juga berkomitmen untuk sukses sebagai penyelenggara. Kesempatan menjadi tuan rumah harus dipandang sebagai instrument untuk meningkatkan geliat kepariwisataan di Sulawesi Tenggara.

Untuk diketahui, dilansir dari dutapariwisataindonesia.com, pendaftaran pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2023 dibuka pada 1 Maret hingga 31 Maret 2023 lalu. Seluruh muda dan mudi di Indonesia dapat mengikuti ajang tingkat nasional ini dengan mendaftarkan diri melalui audisi nasional yang diselenggarakan oleh Yayasan Abhyya Parama Mavendra.

"Proses rekruitmen finalis dilaksanakan 4 bulan sebelum acara malam grand final dilaksanakan. Hal ini dikarenakan selama 3 bulan finalis akan melaksanakan pra karantina di daerah mereka masing-masing. Melalui Surat Keputusan (SK) yayasan akan diterbitkan dan mengikat seluruh finalis untuk mengikuti seluruh rangkaian acara pemilihan," tulisnya. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga