Raih Penghargaan APPI, Dewan Apresiasi Kinerja Bupati Kolut

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 13 Desember 2020
0 dilihat
Raih Penghargaan APPI, Dewan Apresiasi Kinerja Bupati Kolut
Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel., M.Si. Foto: Muh Risal/Telisik

" Bupati Kolaka Utara tahu betul apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, ini terbukti melalui konsepnya yang akan menjadikan wilayah yang tidak cocok untuk program revitalisasi kakao, seperti Tolala dan Lawaki sebagai area peternakan ayam dan kambing. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID -  Pemda Kolaka Utara (Kolut) meraih penghargaan Anugerah Pratama Perkebunan Indonesia (APPI) kategori Bupati Inovasi Perkebunan dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Penghargaan tersebut diberikan pada hari perkebunan nasional 10 Desember 2020 yang diselenggarakan di Tanggerang Banten.

Atas pencapaian itu berbagai pihak pun memberikan apresiasinya, termasuk dari Ketua DPRD Kolut, Buhari, S.Kel., M.Si.

Menurut Buhari, penghargaan APPI ini merupakan salah satu bentuk pengakuan pemerintah pusat atas dedikasi dan kerja keras Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara melakukan inovasi untuk mensejahterakan masyarakat melalui program revitalisasi kakao.

Alumnus Universitas Hasanuddin Makassar ini juga mengakui kinerja Pemda atas besarnya anggaran yang digelontorkan pusat untuk pengembangan sektor pertanian/perkebunan di Kabupaten Kolaka Utara.

Baca juga: Pemkab Kolut Dorong Masyarakat Kembalikan Kejayaan Kakao

"Kemarin kami melakukan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Rp 80 miliar bantuan dari pusat untuk sektor pertanian/perkebunan, besarnya nominal anggaran ini, merupakan respon pemerintah pusat atas konsep serta gagasan pemerintah daerah terkait program revitalisasi," kata Buhari pada aksi penanaman kakao di Desa Kasumeeto, Sabtu, (12/12/2020).

Tidak hanya itu, Anggota DPRD dua priode ini juga sangat mengapresiasi program kerja pemerintah daerah yang dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Bupati Kolaka Utara tahu betul apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, ini terbukti melalui konsepnya yang akan menjadikan wilayah yang tidak cocok untuk program revitalisasi kakao, seperti Tolala dan Lawaki  sebagai area peternakan ayam dan kambing," jelasnya.

Tidak hanya pembangunan ekonomi masyarakat melalui program revitalisasi kakao, kata Buhari, pemerintah Kolaka Utara juga tidak melupakan pembangunan infrastruktur jalan yang juga menjadi kebutuhan masyarakat, utamanya masyarakat di Kecamatan Porehu.

"Dan Alhamdulillah berkat kebijakan Bupati Kolaka Utara, pembangunan infrastruktur jalan dari Porehu, Tinuna sampai ke Tanggaruru dapat masyarakat nikmati hasilnya saat ini," pungkasnya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga