Ratusan Hektare Sawah Baru Siap Digarap Dongkrak Produksi Padi Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 14 Februari 2023
0 dilihat
Ratusan Hektare Sawah Baru Siap Digarap Dongkrak Produksi Padi Kolaka Utara
Penjabat Bupati Kolaka Utara Parinringi bersama Ketua DPRD Kolaka Utara Buhari dan anggota Fraksi PKB, Martani Mustafa meresmikan panen padi sawah di Kecamatan Wawo. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Instansi terkait masih melakukan pemetaan potensi sawah baru di Kecamatan Tiwu sekitar 50 hektare, yang sudah siap diolah sekitar 20 hektare tahun ini "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tahun ini kembali mengidentifikasi 128,94 hektare sawah cadangan baru yang siap digarap untuk mendongkrak hasil produksi padi.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi mengungkapkan, luas lahan berikut tambahan sawah cadangan baru yang telah diidentifikasi mencapai 1.513,48 hektare.

Sementara instansi terkait masih melakukan pemetaan potensi sawah baru di Kecamatan Tiwu sekitar 50 hektare, yang sudah siap diolah sekitar 20 hektare tahun ini.

"Kami terus berupaya memperluas lahan persawahan untuk menjamin ketersediaan kebutuhan beras lokal," kata Parinringi saat panen raya padi di Kecamatan Wawo, Senin (13/2/2023).

Lebih lanjut ia menyampaikan, lahan persawahan di Kolaka Utara tersebar di sepuluh kecamatan. Berdasarkan data Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan (LP2B), Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, luasnya mencapai 1.384,54 hektare.

Baca Juga: Ratusan Hektare Sawah di Kolaka Timur Panen Raya

"Sawah terluas di Kolaka Utara terdapat di Kecamatan Pakue Tengah 328,08 hektare, Pakue Utara 268,58 hektare dan disusul Batu Putih 183,26 hektare," terangnya.

Kadis DPMPTSP Sulawesi Tenggara ini berharap, kelompok-kelompok tani dapat bersinergi dengan pemerintah setempat, instansi terkait dan pemerintah daerah Kolaka Utara dalam rangka meningkatkan hasil produksi padi di Kolaka Utara.

Baca Juga: 12 Tahun Beralih Fungsi, Puluhan Hektare Sawah di Kolut Kembali Diolah

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distanhorti) Kolaka Utara, Nusba Nuhun menyatakan, luas area persawahan di Kecamatan Wawo mencapai 109,62 hektare.

Khusus di lokasi panen raya, terdapat tiga desa penghasil padi, yakni Desa Latawe 21,7 hektare, Walasiho 8,62 hektare, Wawo 79,72 hektare.

"Petani Kolaka Utara melakukan panen padi 2-5 kali per dua tahun dengan kemampuan produksi rata-rata 6 ton per hektare. Tahun 2022 hasil panen padi petani di Kolaka Utara mencapai 10.000 ton," urainya. (B-info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga