Ratusan Masyarakat Berebut Gas Elpiji 3 Kg pada Operasi Pasar di Tiga Kecamatan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 29 Oktober 2023
0 dilihat
Ratusan Masyarakat Berebut Gas Elpiji 3 Kg pada Operasi Pasar di Tiga Kecamatan
Pelaksanaan pasar murah elpiji 3 Kg di 3 kecamatan, Kabupaten Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Ratusan masyarakat di Kabupaten Kolaka Timur berebut gas elpiji 3 Kg, saat pemda menggelar operasi pasar murah di 3 kecamatan "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Ratusan masyarakat di Kabupaten Kolaka Timur berebut gas elpiji 3 Kg, saat pemda menggelar operasi pasar murah di 3 kecamatan.

Operasi yang dilaksanakan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasa dan UKM (Perdainkop) Kolaka Timur ini, menyasar tiga wilayah, yakni Kelurahan Rate-Rate, Kecamatan Tirawuta dan Kelurahan Atula, Kecamatan Ladongi pada 27 Oktober, dan Kelurahan Penanggo Jaya Kecamatan Lambandia, Minggu (29/10/2023).

Kepala Dinas Perdainkop Kolaka Timur, Supriadi menyebut, kegiatan ini juga terlaksana berkat kolaborasi antara dinas dengan PT Pertamina Patra Niaga.

Baca Juga: Ribuan Bilik Suara Diterima KPU Kolaka Timur

"Operasi pasar ini, bertujuan untuk mengatasi kenaikan harga elpiji yang meresahkan masyarakat," jelasnya.

Ia mengungkap karena kenaikan harga elpiji 3 Kg belakangan ini, telah menjadi isu utama yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat Kolaka Timur.

Operasi pasar ini, lanjut Supriadi, juga dalam upaya untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan elpiji, dinas bersama PT Pertamina Patra Niaga bekerja sama atas kepedulian terhadap masyarakat.

Supriadi menjabarkan, dalam operasi ini pihaknya menyediakan 560 tabung gas untuk satu titik. Sehingga, jika di total, di tiga kecamatan berjumlah 1.680 tabung, dan dijual dengan harga Rp 22 ribu hingga Rp 23 ribu, lebih terjangkau dari pada harga dipasaran.

"Kerjasama ini, merupakan bukti nyata komitmen Bupati Kolaka Timur, untuk membantu masyarakat dalam mengatasi masalah kenaikan harga maupun kelangkaan elpiji 3 Kg," ungkapnya.

Terpenting kata Supriadi untuk menekan inflasi daerah, jadi kolaborasi antara pemerintah daerah melalui Dinas Perdainkop dan UKM dan PT Pertamina Patra Niaga ini telah menghasilkan dampak positif bagi masyarakat.

"Sehingga inflasi daerah juga dapat dikendalikan dengan baik. Kami juga masih merencanakan, kemungkinan masih kami lanjutkan operasi pasar di kecamatan lain kalau masih terjadi kelangkaan elpiji 3 Kg," sebutnya.

Pada operasi pasar ini juga, didampingi dengan pengawasan ketat untuk mencegah praktik penimbunan atau spekulasi harga yang merugikan masyarakat. Pemda akan terus memantau harga dan ketersediaan elpiji 3 Kg di pasar.

"Alhamndulillah, masyarakat Kolaka Timur mengapresiasi upaya dan kerjasama antara pemda dengan PT Pertamina Patra Niaga. Operasi pasar ini diharapkan dapat memberikan bantuan nyata kepada warga dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka," jelasnya.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Gandeng Swasta Hapus Kemiskinan Ekstrem

Sementara itu, salah satu masyarakat Kelurahan Atula, Suriani menjelaskan, adanya pasar murah Elpiji ini memberikan kemudahan tersendiri bagi masyarakat.

"Kemarin-kemarin susah sekali kita dapat gas elpiji, tapi dengan ini pasar murah lebih mudah kita dapat," ungkapnya.

Warga lainnya, Widiantari mengapresiasi pemerintah daerah dengan menggelar pasar murah Elpiji ini, sehingga kebutuhan akan gas bagi masyarakat. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga