Rayakan Festival Kabuenga di Pulau Kapota Wakatobi, Masyarakat Tumpah Ruah Padati Pelabuhan

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Sabtu, 26 Agustus 2023
0 dilihat
Rayakan Festival Kabuenga di Pulau Kapota Wakatobi, Masyarakat Tumpah Ruah Padati Pelabuhan
Pelabuhan penyeberangan Wangi-Wangi ke Kapota masih dipadati masyarakat hingga saat ini. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Dalam rangka merayakan Festival Kabuenga yang dilaksanakan di Kapota Sabtu (26/8/2023) hari ini, banyak masyarakat berbondong-bondong ke Pulau Kapota, Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Dalam rangka merayakan Festival Kabuenga yang dilaksanakan di Kapota Sabtu (26/8/2023) hari ini, banyak masyarakat berbondong-bondong ke Pulau Kapota, Wakatobi.

Pantauan Telisik.id di Pelabuhan Kapota, Wangi-Wangi, saat ini masyarakat telah memadati pelabuhan penyeberangan tersebut. Namun jumlah kapal yang tersedia tidak mampu menampung seluruh masyarakat, sehingga kapal harus pulang pergi.

Karena masyarakat yang masih terus berdatangan ke pelabuhan, sebagian dari mereka memilih membatalkan ke Festival Kabuenga di Kapota. Dan tidak sedikit dari mereka mengeluh karena telah mengantre cukup lama.

Salah seorang warga, Asra menuturkan, ia telah berada di Pelabuhan Kapota sejak pukul 11.30 Wita. Namun hingga pukul 13.11 Wita ia masih mengantre karena kapal terus penuh terisi penumpang.

Baca Juga: Tradisi Kabuenga Poendhengi, Ayunan Raksasa di Wakatobi

"Sejak tadi di sini. Sebenarnya banyak kapal hanya masyarakatnya yang begitu banyak dan serobot jadi tidak kebagian tempat di kapal," ujarnya.

Sementara warga lainnya, Riswati mengungkapkan, mereka bahkan telah carter kapal ke Kapota. Namun kapal yang dicarter malah ditumpangi masyarakat yang menyerobot naik.

Baca Juga: Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah di Malam Penutupan Festival Wowine Wakatobi 2023

"Tadi ada kapal yang sudah dicarter. Hanya kapalnya dinaiki banyak penumpang jadi kapal terlihat oleng. Jadi saya coba cari kapal lain saja," ungkapnya.

Mengacu dari undangan, Festival Kabuenga diselenggarakan pada Sabtu (26/8/2023) pukul 12.30 Wita di Lapangan Bola Kapota Raya. Waktu tempuh dari Wangi-Wangi ke Kapota membutuhkan kurang lebih 30 menit. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga