Refleksi dan Inovasi Kemenkumham di Hari Jadi

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 21 Agustus 2023
0 dilihat
Refleksi dan Inovasi Kemenkumham di Hari Jadi
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H Laoly. Sampaikan pesan di Hari jadi Kemenkumham ke-78. Foto: Ist.

" Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), merayakan puncak usianya yang ke-78 dengan semangat baru dan tekad untuk terus berbenah diri "

KENDARI, TELISIK.ID - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), merayakan puncak usianya yang ke-78 dengan semangat baru dan tekad untuk terus berbenah diri.

Dalam peringatan HUT yang jatuh pada 19 Agustus, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H Laoly, menggarisbawahi pentingnya refleksi diri dan inovasi dalam menjalankan tugasnya.

Sebagai inspektur upacara yang dilaksanakan untuk memperingati momen bersejarah ini, Yasonna menegaskan, meskipun telah mencapai prestasi progresif, Kemenkumham tidak boleh berhenti di tengah jalan.

"Kita jangan sampai terlena serta cepat merasa puas, dan akhirnya berhenti di sini saja," ujar Yasonna dengan tegas pada upacara yang digelar, Senin (21/8/2023).

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Kunjungi Ketua Pengadilan Tinggi

Di usianya yang sudah melewati tujuh dekade, Kemenkumham dipanggil untuk menghidupkan semangat inovasi. Yasonna menyoroti pentingnya menjalankan tugas dengan cara-cara baru, kreatif dan inovatif.

Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, sampaikan 5 poin penting di hari jadi Kemenkumham. Foto: Ist.

 

"Pertahankanlah capaian prestasi yang telah berhasil diraih. Teruslah pikirkan cara-cara baru dengan berbagai terobosan kreatif dan inovasi baru untuk memberikan kemudahan dalam bekerja dan memberikan pelayanan publik kepada masyarakat," kata Yasonna.

Yasonna mengingatkan, tanggung jawab Kemenkumham bukan hanya pada momen ulang tahun, namun harus dilaksanakan secara konsisten.

Ia berharap tidak ada lagi penyalahgunaan tugas dan wewenang, serta tidak ada perilaku pegawai yang melanggar disiplin kode etik dan hukum.

"Bangunlah citra positif dan hiasi kementerian ini dengan berbagai prestasi dan capaian positif," tandasnya di lapangan upacara Kemenkumham.

Tidak hanya sebagai perayaan internal, HUT Kemenkumham menjadi panggung untuk menyampaikan pesan-pesan penting kepada seluruh pegawai. Yasonna menekankan, segala tindakan Kemenkumham selalu terpantau oleh tuhan dan masyarakat.

"Mengembalikan kepercayaan publik itu tidaklah mudah, maka pertahankan dan terus tingkatkan kepercayaan masyarakat dengan berkinerja baik, beretika, profesional serta berintegritas," ucapnya.

Yasonna juga mengingatkan para pegawai untuk tetap menjaga etos kerja dan disiplin. Pengawasan dan pengendalian dalam masing-masing jajaran harus dilakukan dengan cermat. Hanya dengan meraih kepercayaan publik, Kemenkumham akan menerima dukungan optimal dari masyarakat dan stakeholder.

Merayakan Hari Kemenkumham yang ke-78, tema "Kementerian Hukum dan HAM Semakin Berkualitas untuk Indonesia Maju" diusung untuk merefleksikan semangat pengabdian terbaik bagi bangsa. Peringatan ini dijadikan ajang untuk menyoroti pencapaian sekaligus komitmen terus meningkatkan kualitas pelayanan.

Baca Juga: Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Koordinasi dengan Gubernur Soal Remisi HUT ke-78 RI

Tidak hanya di Jakarta, peringatan Hari Kemenkumham juga dijalankan di wilayah-wilayah. Kantor Wilayah Kemenkumham (Kanwil Kemenkumham) Sulawesi Tenggara menggelar upacara di pelataran Kantor Wilayah pada Senin (21/8/2023). Acara itu melibatkan seluruh jajaran Kemenkumham Sulawesi Tenggara dari Kota Kendari hingga Unaaha.

Dalam sambutan Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, 5 poin penting dari Menteri Yasonna untuk jajaran pegawai disampaikan. Pertama, persiapan transisi dari pandemi menuju endemi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Kedua, kelola keuangan dengan baik untuk kepentingan masyarakat. Ketiga, persiapkan rencana kerja 2024 dengan fokus pada transformasi ekonomi inklusif dan berkelanjutan. Keempat, pertahankan kedisiplinan dan taat pada peraturan. Kelima, jaga netralitas aparat demi persatuan saat tahun politik dan Pemilu 2024.

Dengan tema yang mengandung nilai-nilai PASTI (profesional, akuntabel, sinergi, transparan, dan inovatif), Yasonna berharap semangat inovasi tidak hanya menjadi jargon, tetapi terealisasi dalam implementasi di lapangan. Melalui refleksi diri dan komitmen pada inovasi, Kemenkumham berupaya menjaga kepercayaan masyarakat dan terus memberikan pelayanan yang berkualitas. (B-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga