Rektor IAIN Kendari Tegaskan 5 Kompetensi untuk Tingkatan Karakter Mahasiswa Penerima KIP

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 27 April 2024
0 dilihat
Rektor IAIN Kendari Tegaskan 5 Kompetensi untuk Tingkatan Karakter Mahasiswa Penerima KIP
IAIN Kendari melaksanakan peningkatan karakter mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah di Pantai Toronipa Kabupaten Konawe, Sabtu (27/4/2024). Foto: Humas IAIN Kendari

" Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melaksanakan peningkatan karakter mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di Pantai Toronipa Kabupaten Konawe "

KENDARI, TELISIK.ID - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melaksanakan peningkatan karakter mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di Pantai Toronipa Kabupaten Konawe, Sabtu (27/4/2024).

Kegiatan ini menjadi salah satu upaya bagi kampus dalam meningkatkan intelektualitas mahasiswa, serta menanamkan sikap toleran dan moderat.

Dalam kesempatan tersebut hadir Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag, Wak Rektor I, Dr. Jumardin La Fua, M.Si dan Wakil Rektor III, Dr. Fauziah, M.Pd.

Dalam arahannya, Prof. Husain menyampaikan, mahasiswa penerima KIP mesti lebih unggul dibanding mahasiswa lain. Keunggulan itu harus terlihat dalam segi intelektualitas, linguistik, etika, entrepreneurship serta leadership.

Baca Juga: IAIN Kendari Terima 479 Calon Mahasiswa Jalur SPAN, Berikut Jadwal dan Syarat Kelanjutannya

"Kognisi atau cara berpikir harus berbeda dan berkualitas, caranya adalah banyak belajar serta membaca. Silakan cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum masuk ke dalam kelas agar punya referensi. Itulah salah satu indikator bahwa Anda punya kompetensi intelektual," katanya.

Kedua keunggulan kompetensi linguistik, penerima KIP kuliah ini harus bisa membawa mahasiswa untuk menguasai bahasa.

"Penerima KIP harus menjadi orang yang menguasai kosa kata, mufradat, vocabulary sebab fasilitas beasiswa yang diberikan itu lebih dari cukup. Silahkan gunakan beasiswa itu untuk mengupgrade diri," tambahnya.

Tiga kompetensi etika atau akhlak dan sikap, mahasiswa penerima KIP mesti menunjukkan sikap dan akhlak baik. Mulai dari cara berpakaian, cara berbicara dan sopan santunnya harus berbeda diantara mahasiswa lain.

Keempat adalah harus memiliki jiwa entrepreneurship, penerima KIP juga bisa memanfaatkan sebagian beasiswa yang diterima untuk modal usaha dan berbisnis.

Baca Juga: Juara Kaligrafi di Muna Barat, Mahasiswi IAIN Kendari Ini Menuju MTQ Tingkat Provinsi

"Bisa juga disisihkan sedikit untuk bisnis kecil-kecilan agar mengembangkan jiwa entrepreneurship. Anda harus jadi entrepreneur muda, bisnismen menjadi orang yang berupaya membangun startup," ucapnya.

Kelima adalah memiliki kompetensi leadership atau kepemimpinan. Silakan kembangkan potensi melalui organisasi yang berbentuk dan bisa mengasah jiwa kepemimpinan.

Di tempat yang samaz Wakil Rektor III mengungkapkan, tahun ini training peningkatan karakter menyasar mahasiswa penerima KIP sebanyak 250 orang.

"Pembinaan ini menjadi penting bagi mahasiswa penerima KIP untuk meningkatkan karakter dan kemampuan yang mereka miliki," tuturnya. (B-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha
 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga