Relawan Edukasi Bakal Sapa Anak-Anak Pesisir di Lalonggasumeeto Konawe

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 24 September 2023
0 dilihat
Relawan Edukasi Bakal Sapa Anak-Anak Pesisir di Lalonggasumeeto Konawe
Kawan Inspirasi Kendari bakal adakan kegiatan sapa pesisir di Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

" Menjalani misi mencerdaskan kehidupan bangsa bukan hanya tugas dan tanggung jawab guru atau profesi tertentu. Anak-anak muda juga berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjalani misi mencerdaskan kehidupan bangsa bukan hanya tugas dan tanggung jawab guru atau profesi tertentu. Anak-anak muda juga berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan sekelompok pemuda inspiratif yang tergabung dalam Kawan Inspirasi Kendari, bakal adakan program sapa pesisir di Kecamatan Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe, 30 September - 1 Agustus 2023 mendatang.

Ketua panitia program pesisir pantai, Muhammad Nurdin mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan ragam profesi serta memberikan motivasi dan edukasi kepada anak-anak di pesisir.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Gandeng UHO untuk MIC Tahun 2023

Sapa pesisir kali ini menyasar anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Lalonggasumeeto, ada sekitar 8 SD/MI yang menjadi partisipatif dalam kegiatan itu, yaitu SDN 1 Lalonggasumeeto, SDN 2 Lalonggasumeeto, SDN 3 Lalonggasumeeto, SDN 1 Nii Tanasa, SDN 2 Nii Tanasa, SDN Lalombonda, SDN Rapambinopaka, dan MI Hubbul Waton.

Berbagai kegiatan edukatif bakal diadakan dalam kegiatan sapa pesisir. Foto: Ist.

 

Ada beragam sesi ruang dalam kegiatan tersebut, seperti ruang inspirasi, yaitu kegiatan yang mengundang para relawan maupun inspirator untuk berbagi cerita tentang profesinya, hal ini akan memberi anak-anak pengetahuan tentang beragam profesi, sehingga mereka dapat inspirasi cita-cita yang ingin dicapainya kelak.

Tak hanya bagi siswa, guru-guru di SD/MI yang berpartisipasi juga bakal diajak berdiskusi meningkatkan keahlian untuk membimbing dan mendorong siswanya untuk menggapai cita-citanya di ruang diskusi.

Selain itu, ada juga ruang edukasi. Ruang ini dikemas dengan menarik dalam edu camp (perkemahan sabtu Minggu). Nantinya ada posko-posko yang berisi paparan fenomena yang berkorelasi dengan pelajaran di sekolah.

Dalam ruang edukasi juga dilakukan berbagai kegiatan menarik dan menambah wasasan, seperti pilah sampah, keselamatan berlalu lintas dan edukasi kekerasa seksual pada anak.

Baca Juga: Lahan Kosong Depan Fakultas Kedokteran UHO Kendari Terbakar, Asap Tebal Halangi Pandangan

Terakhir, ada ruang interaksi. Nantinya ada sekelompok orang atau relawan yang berbagi pengetahuan dengan masyarakat. Nantinya masyarakat bakal dapat edukasi tentang aspek sosial dan lingkungan yang berada di sekitarnya.

Dilansir dari InstagramInstagram @KI_Kendari, Kawan Inspirasi sendiri sudah banyak melakukan kegiatan edukasi di masyarakat terutama untuk anak-anak usia produktif.

Selain sapa pesisir, kegiatan edukasi lain juga dilakukan seperti sapa pulau, sapa desa dan aksara atau inspirasi karir anak Indonesia.

Semua kegiatan ini sejalan dengan visi yang dibangun kawan inspirasi sejak awal berdirinya, yaitu menjadi wadah bagi sukarelawan untuk turut serta berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sulawesi Tenggara. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga