Resmikan Sekretariat Satgas COVID-19, Ini Pesan Bupati Buton Utara

Aris, telisik indonesia
Senin, 16 Agustus 2021
0 dilihat
Resmikan Sekretariat Satgas COVID-19, Ini Pesan Bupati Buton Utara
Bupati Butur, H. Muh. Ridwan Zakariah, meresmikan Sekretariat Satgas COVID-19. Foto: Aris/Telisik

" Bupati Buton Utara, Muh. Ridwan Zakariah, meresmikan Sekretariat Satuan Tugas COVID-19 Buton Utara. "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Bupati Buton Utara (Butur), Muh. Ridwan Zakariah, meresmikan Sekretariat Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Butur, Senin (16/8/2021).

Dalam laporannya, Kepala Sekretariat Satgas COVID-19 Butur, Muhammad Hardhy Muslim mengatakan, awal dari adanya Sekretariat Satgas ini bermula dari diskusi-diskusi informal.

"Bagaimana kita mensiasati, bisa punya inisiasi, inovasi penanganan COVID ini bisa lebih terpadu dan sistematis," ujar Muhammad Hardhy Muslim yang juga Sekretaris Daerah Butur itu.

Selanjutnya, kata dia, melihat perkembangan wabah pandemi COVID-19 di Butur, tentunya perlu penanganan secara khusus dalam arti adanya suatu posko terpadu sebagai tempat pusat data.

 

Bupati Buton Utara, Muh. Ridwan Zakariah bersama Wakil Bupati Buton Utara, Ahali, saat meninjau peta sebaran kasus COVID-19 di wilayah Buton Utara. Foto: Aris/Telisik

 

"Tempat kita olah informasi-informasi yang ada, baik pada tingkatan Satgas Desa maupun di Puskesmas, kemudian kita olah di posko ini, lalu kita kirim ke tingkat provinsi maupun pusat," imbuhnya.

Dalam keyakinan yang tinggi, begitu dilantik sebagai Sekretaris Daerah, pihaknya berdiskusi dengan pihak Dinas Kesehatan, maka lahirlah suatu keputusan bahwa sangat dibutuhkan posko yang berada di tengah pemukiman masyarakat.

"Sehingga kita bisa merubah suasana di tengah masyarakat, dan masyarakat tentunya dengan mudah menerima informasi atau menanyakan persoalan-persoalan yang menyangkut vaksinasi dan terkait COVID-19," tambahnya.

 

Bupati Buton Utara, Muh. Ridwan Zakariah, memasangkan pin kepada tenaga operasional Satgas COVID-19. Foto: Aris/Telisik

 

Sementara itu, Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah mengatakan, keberadaan Sekretariat Satgas COVID-19 ini sangat dibutuhkan dan sangat penting dalam rangka penanganan masalah COVID-19.

"Tadi kita baru mendengar Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia yang dibahas hanya masalah COVID-19, karena begitu pentingnya penanganan COVID-19 ini," jelasnya.

Untuk itu, dengan adanya Sekretariat maka dapat terorganisir semua tugas-tugas Satgas COVID-19 dan seluruh informasi yang masuk dari masyarakat.

Baca juga: Menengok Latihan Paskibraka Buteng Jelang Hari Kemerdekaan RI

Baca juga: Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD, Bupati Butur Ajak Masyarakat Bersatu Lawan COVID-19

"Dengan informasi bagus dan data yang valid, kemudian tim bisa bekerja dengan bagus. Saya kira masalah COVID ini paling tidak kita bisa atasi dengan baik, walaupun dalam jangka pendek ini belum pasti COVID ini akan lenyap sama sekali, tetapi kita harus kerja keras," ujarnya.

Selanjutnya, kata Ridwan Zakariah, keberadaan Sekretariat Satgas COVID-19 adalah salah satu bagian terpenting dalam upaya untuk menanggulangi dampak dari pada COVID-19.

Pasalnya, dampak COVID-19 bukan saja menyangkut masalah kesehatan, tetapi sampai pada masalah sosial ekonomi masyarakat.

"Sudah banyak para karyawan perusahaan yang diputuskan hubungan kerjanya, sudah banyak korban dari pada ASN khususnya dari tenaga kesehatan untuk menangani masalah kasus-kasus COVID ini," katanya.

Olehnya itu, ia mengajak semua pihak untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Selain itu, Bupati Butur mengatakan, Sekretariat Satgas COVID-19 merupakan bagian yang terpenting dalam mengorganisir semua kegiatan Satgas COVID-19. Baginya, tanpa Sekretariat, semua pekerjaan hanya akan berjalan sia-sia belaka.

Untuk itu, dia berpesan kepada kepala Sekretariat Satgas COVID-19 Butur untuk membenahi dan melengkapi segala kekurangan Sekretariat COVID-19 ini.

"Terutama menjamin dan informasi tentang perkembangan COVID-19 dan terutama kepada masyarakat untuk senantiasa kita berikan pencerahan, sosialisasi, seperti apa itu protokol kesehatan, ini penting," pungkasnya.

Peresmian Sekretariat Satgas COVID-19 Butur ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah didampingi Wakilnya, Ahali, dan Sekretaris Daerah Butur, Muhammad Hardy Muslim, serta jajaran TNI dan Kepolisian.

Sekretariat satgas COVID-19 Butur ini beralamat di Jalan Wa Ode Bilahi, Kelurahan Lipu, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Butur. (B-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga