Respon Banjir Susulan di Kecamatan Pondidaha, Pj Bupati Konawe Bakal Bangun Kolam Retensi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 05 Juni 2024
0 dilihat
Respon Banjir Susulan di Kecamatan Pondidaha, Pj Bupati Konawe Bakal Bangun Kolam Retensi
Pj Bupati Konawe saat melakukan peninjauan di lokasi banjir Kecamatan Pondidaha bersama jajaran OPD. Foto: Ist

" Merespon banjir susulan yang merendam sejumlah rumah warga di beberapa desa di Kecamatan Pondidaha, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba instruksikan dinas terkait untuk membuat posko serta evakuasi warga yang terdampak "

KONAWE, TELISIK.ID - Merespon banjir susulan yang merendam sejumlah rumah warga di beberapa desa di Kecamatan Pondidaha, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba instruksikan dinas terkait untuk membuat posko serta evakuasi warga yang terdampak.

Hal tersebut disampaikan Harmin Ramba saat meninjau langsung korban banjir di Desa Laloika, Wunua Monapa dan Sulemandara di Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, pada Selasa (4/6/2024).

"Tolong dipersiapkan seperti di Sampara melakukan evakuasi terhadap dua desa yaitu Desa Suleman Darat dan Desa Ambulan," katanya.

"Kita menangani banjir tentunya masalah teknisnya, kita tangani masalah sosialnya terutama masalah kehidupan, kita tangani masalah ekonominya dan persoalan kesehatan," tambahnya.

Lanjut Harmin Ramba, tujuan meninjau lokasi bagi warga yang terdampak banjir itu, untuk melakukan tindak lanjut dalam penanganannya.

Baca Juga: Jalan di SMA Negeri 2 Sawerigadi Muna Barat Langganan Banjir

"Sebenarnya banjir genangan buangan sungai Konaweeha. Kemarin kita datang hanya membantu jangka pendek masyarakat, mengevakuasi kemudian memberikan bantuan dan sebagainya," jelasnya.

Ia menambahkan, solusi untuk menangani banjir di Kecamatan Pondidaha yaitu harus dilakukan secara teknis, struktur dan konstruksi, yakni dengan membangun pompanisasi dan kolam retensi.

Kemudian solusi berikutnya dengan merubah kawasan ini menjadi area perikanan darat, yang dulunya adalah area persawahan.

Lebih lanjut, Harmin Ramba mengatakan, kalau hal itu terealisasi pihak Pemda Konawe akan membantu dalam menyediakan bibit ikan.

"Jadi ini kalau terealisasi nanti, kolamnya terealisasi, kolam retensinya terealisasi dan pompanisasi terealisasi. InsyaAllah masyarakat tidak akan kena banjir. Sudah itu solusi yang terbaik," tandasnya.

Sementara itu, perwakilan Satker BWS IV Sulawesi mengatakan, salah satu solusi mengatasi masalah banjir di Kecamatan Pondidaha yaitu pembangunan kolam retensi.

Baca Juga: Respons Cepat Pemkot Kendari Atasi Dampak Banjir: Kolaborasi BPBD, PUPR dan DLHK

"Karena bagaimanapun juga wilayah Angguru, wilayah paling rendah secara teknis. Jadi posisi air di Konaweeha lebih tinggi otomatis air akan lari ke sini. Dan setiap saat akan terulang terus. Jadi salah satu solusi seperti yang disampaikan oleh Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, InsyaAllah kami mendukung," tuturnya.

Ia menambahkan, rencana pembangunan kolam retensi itu pada tahun 2025 mendatang.

"Mohon doanya, dorongan dari Pemda, tolong supaya lebih cepat," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga