Robot Buatan Mahasiswa Teknik UHO Kendari Bisa Diandalkan saat Gempa

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 09 Oktober 2023
0 dilihat
Robot Buatan Mahasiswa Teknik UHO Kendari Bisa Diandalkan saat Gempa
Inovasi dari mahasiswa Teknik Elektro, UHO Kendari ciptakan prototype robot penyelamatan jika terjadi bencana alam. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Salah satu pemandangan menarik di Expo Engineering Job Fair dan Seminar Nasional 2023, adalah robot pencarian dan penyelamatan (SAR) inovatif buatan mahasiswa Teknik "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu pemandangan menarik di Expo Engineering Job Fair dan Seminar Nasional 2023, adalah robot pencarian dan penyelamatan (SAR) inovatif buatan mahasiswa Teknik.

Dalam pameran ini, mereka memperlihatkan robot berbasis prototype yang bisa diandalkan saat terjadi bencana alam, salah satunya gempa.

Robot tersebut dapat digerakkan menggunakan stik PlayStation, dan dengan aplikasi khusus, robot ini dapat bergerak secara otomatis sesuai kebutuhan pengguna.

Baca Juga: Expo Engineering FT UHO Target 200 Mahasiswa Raih Peluang Kerja

"Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) menekankan misi pencarian dan penyelamatan bencana umum di Indonesia," kata Finy Bin Rungga, mahasiswa Jurusan Elektro Fakultas Teknik, Senin, (9/10/2023).

Elektrobot, demikian nama robot ini, adalah hasil riset dari mahasiswa Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Tim Elektrobot UHO telah mengikuti berbagai kompetisi sejak tahun 2016 dan saat ini berdiri sebagai tim independen.

Menurut Ahmad Fadli, mahasiswa Jurusan Elektro Teknik UHO, Elektrobot adalah produk kolaborasi mahasiswa yang mencerminkan dedikasi mereka dalam menciptakan solusi teknologi.

"Elektrobot adalah perwujudan ide-ide kreatif mahasiswa Teknik UHO. Melalui inovasi ini, kami ingin memberikan kontribusi nyata dalam penyelamatan korban bencana alam," Ujar Ahmad Fadli.

Guna membuka peluang kerja bagi mahasiswa dan alumni, Fakultas Teknik UHO Kendari menggelar Expo Engineering Job Fair dan Seminar Nasional 2023.

Mitra kerjasama dari instansi pemerintah dan swasta turut serta dalam acara ini. Dekan Fakultas Teknik UHO, Edward Ngii mengungkapkan, tujuan expo ini adalah memperkenalkan teknologi kepada mahasiswa dan membantu mereka memahami kebutuhan dunia kerja.

Baca Juga: Mahasiswa Teknik UHO Borong Piala LKTI Tingkat Nasional

Dalam expo ini, instansi pemerintah seperti Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara memamerkan produk-produk unggulannya. Telkomsel, Indofood, hotel, dan beberapa perusahaan swasta juga ikut berpartisipasi.

"Dengan adanya expo ini, mahasiswa bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan memahami bagaimana teknologi menciptakan peluang kerja," ujar Edward Ngii.

Expo Engineering Job Fair dan Seminar Nasional 2023 di Fakultas Teknik UHO membuka pandangan baru bagi mahasiswa. Robot SAR buatan mahasiswa menjadi bukti nyata dedikasi mereka dalam menciptakan solusi teknologi untuk bencana alam. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga