Ruksamin Klaim Kantongi 14 Nama Cawagub Sulawesi Tenggara, PAN Ajukan ARS Calon 02

Kardin, telisik indonesia
Jumat, 05 April 2024
0 dilihat
Ruksamin Klaim Kantongi 14 Nama Cawagub Sulawesi Tenggara, PAN Ajukan ARS Calon 02
Ketua DPW PAN Sulawesi Tenggara, ARS (kanan) masuk bursa calon 02 Ruksamin (kiri) di pilgub. Foto: Ist.

" Ruksamin mengaku sudah ada calon pendamping yang bakal digandengnya. Bahkan, sudah ada 14 nama calon wakil atau 02 yang telah berkomunikasi dengan dirinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketua DPW PBB Sulawesi Tenggara, Ruksamin, semakin mantap maju di pemilihan gubernur (pilgub) pada November 2024 mendatang.

Tak main-main, Ruksamin mengaku sudah ada calon pendamping yang bakal digandengnya. Bahkan, sudah ada 14 nama calon wakil atau 02 yang telah berkomunikasi dengan dirinya.

Ruksamin menyampaikan, dirinya telah berkomunikasi dengan sejumlah partai politik (parpol) dalam berburu pintu sebagai syarat pencalonan gubernur.

"Bahkan saya jadi pendaftar pertama di Partai Demokrat," beber Ruksamin, belum lama ini.

Bupati Konawe Utara dua periode itu juga mengatakan, untuk calon wakil akan ada survei yang bakal keluar di akhir Ramadan ini.

Baca Juga: PAN Resmi Usung Ruksamin Calon Gubernur Sulawesi Tenggara

"Sekarang sementara berjalan, ketika selesai saya akan komunikasikan dengan partai pengusung," ujarnya.

Syarat yang diinginkan untuk calon 02 Ruksamin, yakni tetap langgeng saat menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara nantinya. Selanjutnya, dapat menyumbang suara untuk kemenangan ke depan.

"Jadi bukan soal menangnya dulu, memimpinnya dulu. Artinya, InsyaAllah kita akan menang jadi gubenur nanti," ucapnya.

Di sisi lain, Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Tenggara sudah menyodorkan Ketua DPW, Abdurrahman Shaleh (ARS) untuk mendampingi atau menjadi calon 02 Ruksamin di pilgub.

Keseriusan itu ditunjukkan melalui pemberian surat tugas PAN pada Ruksamin yang diberikan langsung Wakil Ketua Umum DPP PAN, Yandri Susanto dan didampingi Ketua DPW PAN Sulawesi Tenggara, ARS.

Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPW PAN Sulawesi Tenggara, Sukarman mengungkap, dibandingkan dengan calon-calon lain, Ruksamin  dinilai memiliki nilai positif yang lebih baik.

Baca Juga: Kandidat Baru Taano Karno Daftar Balon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara di Partai Demokrat

Sukarman menerangkan, selain mendorong Ruksamin sebagai calon Gubernur Sulawesi Tenggara, pihaknya juga akan mendorong ARS sebagai calon wakil yang akan mendampingi Ruksamin.

"Sebelumnya PAN tidak membuka secara formal dalam penjaringan cagub ini, kita hanya melihat dan menilai potensi dari beberapa tokoh, setelah itu kita diskusikan, begitu masuk kita langsung dorong ke DPP PAN," beber Sukarman.

Untuk diketahui, PBB berhasil meraih 4 kursi sedangkan PAN mendapat 3 kursi DPRD Sulawesi Tenggara pada pemilu beberapa waktu lalu. Untuk dapat mengusung calon gubernur dan wakil gubernur, setiap calon harus mendapat dukungan minimal 9 kursi dari total 45 kursi DPRD. (A)

Penulis: Kardin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga