Rusdianto Mundur Sebagai Caleg Terpilih untuk Fokus di Pilkada Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 26 Agustus 2024
0 dilihat
Rusdianto Mundur Sebagai Caleg Terpilih untuk Fokus di Pilkada Konawe
Rusdianto saat menyampaikan pengunduran dirinya sebagai caleg terpilih di KPU Konawe, Senin (26/8/2024). Foto: Ist

" Anggota DPRD Kabupaten Konawe terpilih hasil Pemilu 2024, Rusdianto, secara resmi menyampaikan pengunduran dirinya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) "

KONAWE, TELISIK.ID - Anggota DPRD Kabupaten Konawe terpilih hasil Pemilu 2024, Rusdianto, secara resmi menyampaikan pengunduran dirinya ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada Senin (26/8/2024) malam.

Keputusan mundur ini diambil Rusdianto untuk fokus dan memuluskan pencalonannya pada pemilihan bupati-wakil bupati (Pilbup) Konawe yang akan dihelat 27 November 2024.

Rusdianto adalah caleg terpilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Konawe 1 dengan meraih 3.754 suara. Dia merupakan pendulang suara terbanyak pada Pileg 2024 di Konawe.

Usai melakukan klarifikasi pengunduran diri, Rusdianto mengungkapkan bahwa keputusan ini diambil dengan penuh kesadaran untuk memuluskan langkahnya bertarung Pilbup Konawe.

Baca Juga: Kardini-Noor Dhani Deklarasi di SOR La Ode Pandu Sebelum Daftar ke KPU

“Walaupun dalam suasana menegangkan, ini adalah langkah yang membahagiakan bagi saya. Pengunduran diri ini merupakan bagian dari persiapan saya untuk maju dalam Pilkada Konawe,” kata Rusdianto.

Pengunduran diri Rusdianto disampaikan melalui surat yang diterima oleh Ketua KPU Konawe, Wike, beserta seluruh anggota KPU Konawe dan disaksikan Ketua dan Anggota Bawaslu Konawe.

Dalam kesempatan itu, Rusdianto juga mengucapkan terima kasih kepada KPU Konawe atas respons cepat mereka dalam menindaklanjuti pengunduran dirinya.

“Terima kasih kepada KPU Konawe yang sigap merespons surat pengunduran diri ini. Saya berharap proses ini dapat segera selesai agar bisa dilantik bersama dengan 29 anggota DPRD Konawe lainnya pada 2 September 2024,” lanjutnya.

Sebagai bagian dari proses pergantian, Rusdianto juga menyampaikan bahwa DPC telah mengajukan caleg peraih suara terbanyak ketiga di Dapil 1, Rafiq Sepdian Poseno, untuk menggantikannya sebagai caleg terpilih.

“"Kami secara resmi mengajukan Rafiq Sepdian Poseno sebagai pengganti saya, dan kami berharap prosesnya berjalan lancar dan cepat,” harap Rusdianto.

Baca Juga: Golkar Target Pasangan AJP-ASLI Menang Pilkada 2024 Kota Kendari

Menanggapi pengunduran diri ini, Ketua KPU Konawe, Wike, menyatakan bahwa pihaknya akan segera membawa surat pengunduran diri tersebut ke pleno KPU Konawe.

“Setelah pleno, hasilnya akan dibawa ke Gubernur untuk diajukan pelantikan pengganti,” kata Wike.

Dengan adanya proses pergantian ini, diharapkan tidak ada hambatan dalam pelantikan anggota DPRD Kabupaten Konawe yang dijadwalkan pada 2 September 2024 mendatang.

Sementara itu, Rusdianto kini bisa lebih fokus dalam persiapannya menghadapi Pilkada Konawe yang akan datang. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga