adplus-dvertising

Saling Sindir Megawati vs Surya Paloh Memanas, Ganjar Pranowo 'Dibajak' NasDem

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 22 Juni 2022
1200 dilihat
Saling Sindir Megawati vs Surya Paloh Memanas, Ganjar Pranowo 'Dibajak' NasDem
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh (kiri) dan Ketua Umum PDIP, Megawati Sukarnoputri saling sindir soal partai sombong. Foto: Repro Tempo.co

" Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, baru-baru ini saling sindir soal partai sombong "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, baru-baru ini saling sindir soal partai sombong.

Awalnya sindiran partai sombong dilontarkan Surya Paloh di acara penutupan Rakernas Partai NasDem yang digelar di JCC Senayan, Jakarta pada Jumat, 18 Juni 2022. Surya menyindir, saat ini ada partai yang merasa hebat dan ingin menang sendiri.

Surya tidak secara gamblang menyampaikan kepada siapa sindiran tersebut dialamatkan. Namun dia memberi sinyal partai itu berbeda dengan NasDem yang tidak memenuhi syarat presidential threshold sehingga membutuhkan mitra koalisi untuk mengusung capres. Di Pilpres 2024, hanya PDIP yang memiliki modal politik presidential threshold 20 persen untuk mengusung calon presiden sendiri tanpa harus berkoalisi.


"Kami tahu diri karena masih punya banyak kelemahan, kami masih kurang persyaratan, tapi kami berikhtiar. Kami menjaga komunikasi kepada seluruh komponen masyarakat secara lebih bijak, secara lebih luwes. Jadi buang itu praktik kesombongan, merasa hebat sendiri, merasa paling mantap sendiri, itu bukan NasDem. Ada urusan apa?," ujar Surya dilansir dari Tempo.co.

Surya lantas meminta para kader NasDem tidak meniru gaya berpolitik yang sombong tersebut.

Baca Juga: Megawati Tindak Tegas Kader PDIP Bicara Koalisi

"Apa yang mau kita tiru dari semangat berpikir seperti itu, dengan modal kesombongan seakan-akan yang paling benar, paling kuat, paling berkuasa. Tidak ada itu artinya bagi NasDem," tuturnya.

Megawati pun membalas sindiran itu dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP Tahun 2021 yang dilaksanakan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022) siang.

“Karena ada juga yang mengatakan 'ada sebuah partai sombong sekali'. Lah piye, kok dibilang sombong, emangnya kenapa,” kata Megawati, dilansir dari Kompas.tv.

Megawati juga menegaskan, tidak pernah menjelekkan partai mana pun. 

“Tidak pernah menjelekkan ketua apa pun. Saya berjalan sendiri membentuk partai saya yang saya hormati dan sayangi yang bernama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Jangan, jangan, negeri ini harus dibangun dengan bersatu," imbuhnya.

Sementara itu Ketua DPR RI Puan Maharani yang juga kader PDIP menanggapi saat tahu kader PDIP Ganjar Pranowo dibajak Partai NasDem jadi Capres 2024.

Baca Juga: Elektabilitas Demokrat Meroket, Ketua DPRD Kolaka Utara: Bukti Rakyat Ingin Perubahan

Puan mengaku pihaknya sama sekali tidak terganggu dengan keputusan partai besutan Surya Paloh itu. Bagi Puan, pemilihan dalam penetapan bakal capres di setiap parpol itu biasa saja dan setiap partai politik memilki mekanisme masing-masing.

"Itu kan masalah internal setiap parpol, masing-masing punya mekanismenya. Jadi biasa saja," kata Puan, dikutip dari Tribunnews.com. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga