SD di Kabupaten Bombana Kebanjiran, Sekolah Terpaksa Libur dan Siswa Peserta Ujian Nasional jadi Korban

Hir Abrianto, telisik indonesia
Sabtu, 06 Mei 2023
0 dilihat
SD di Kabupaten Bombana Kebanjiran, Sekolah Terpaksa Libur dan Siswa Peserta Ujian Nasional jadi Korban
Lumpur dan pasir penuhi SDN 37 Balo Kabupaten Bombana pasca dilanda banjir, siswa terpaksa diliburkan. Foto: Ist.

" Akibat curah hujan yang tinggi di Kabupaten Bombana, bangunan SDN 37 Balo banjir menyebabkan sejumlah ruang belajar siswa tidak bisa difungsikan "

BOMBANA, TELISIK.ID - Akibat curah hujan yang tinggi di Kabupaten Bombana, bangunan SDN 37 Balo banjir menyebabkan sejumlah ruang belajar siswa tidak bisa difungsikan.

Kepala SDN 37 Balo, Darnia saat dikonfirmasi mengatakan, banjir melanda sekolahnya pada Jumat (5/5/2023) kemarin. Akibatnya proses belajar mengajar ditiadakan atau diliburkan.

"Banjir kasian, dari kemarin kami tidak bisa laksanakan proses belajar mengajar atau diliburkan karena beberapa ruang belajar kebanjiran dan ruang kantor juga yang sebabkan beberapa arsip sekolah rusak tidak terselamatkan," ucap Darnia via seluler, Sabtu (6/5/2023).

Baca Juga: Video: Mantan Bupati dan Kadis Pertanian Bombana Diduga Korupsi Bibit Kopi

Kata Darnia, hal itu merupakan kejadian ketiga kalinya, jika lambat mendapatkan penanganan, siswa kelas VI menjadi korban karena tengah menghadapi persiapan ujian akhir pelulusan.

"Kami sudah sampaikan secara tertulis kepada Dinas Pendidikan Bombana dan melalui kepala desa juga dilaporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) untuk segera mendapatkan penanganan, karena yang terancam ini adalah nasib siswa yang sebentar lagi akan melaksanakan ujian yakni kelas enam," bebernya.

Pasca banjir, halaman sekolah hingga ruang belajar dipenuhi material pasir, lumpuh hingga sisa-sisa sampah yang terbawa oleh arus air.

Baca Juga: Mantan Bupati dan Kadis Pertanian Bombana Diduga Korupsi Bibit Kopi

Kepala Desa Balo, Kecamtan Kabaena Timur, Ademan mengatakan saat terjadi banjir, selain sekolah, rumah warga juga kebajiran.

"Sekolah dan rumah-rumah warga terdampak. kami sudah buat laporan tertulis diajukan kepada BPBD dan Pj Bupati Bombana, semoga cepat mendapat penanganan. atas kejadian ini, saya mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan karena kalau saluran air tersumbat maka yang akan muncul adalah banjir," pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga