Sebelum Penembakan Brigadir J, Ferdy Sambo Sudah Pisah Rumah dari Putri Cendrawathi

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 10 November 2022
0 dilihat
Sebelum Penembakan Brigadir J, Ferdy Sambo Sudah Pisah Rumah dari Putri Cendrawathi
Terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (20/10/2022) Sudah pisah rumah selama setahun. Foto: Tribunnews

" Dalam persidangan kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) terungkap fakta bahwa terdakwa Ferdy Sambo jarang tinggal serumah dengan istrinya, Putri Candrawathi. Selain itu, ajudan juga mengurus kebutuhan Sambo setiap hari, seperti seragam dan lainnya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dalam persidangan kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) terungkap fakta bahwa terdakwa Ferdy Sambo jarang tinggal serumah dengan istrinya, Putri Candrawathi. Selain itu, ajudan juga mengurus kebutuhan Sambo setiap hari, seperti seragam dan lainnya.

Keterangan itu disampaikan oleh mantan ajudan Ferdy Sambo, Adzan Romer, saat menjadi saksi dalam sidang terdakwa kasus pembunuhan Yosua, Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal Wibowo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Romer menjawab pertanyaan jaksa penuntut umum terkait lokasi tinggal mantan atasannya. Ferdy Sambo, kata dia, selama ini tinggal terpisah dari Putri. Menurut Romer, Sambo lebih sering tinggal di rumah pribadi yang berada di Jalan Bangka, Jakarta Selatan.

Brigadir J Sempat Persiapkan Anniversary Pernikahan Sambo dan Putri. Rumah Sambo di Jalan Bangka beberapa waktu lalu pernah digeledah oleh tim khusus (Timsus) Polri saat penyidikan kasus pembunuhan Yosua.

Baca Juga: Akun Twitter Faisal Assegaf Diduga Hina Ketua Umum Nahdlatul Ulama Dilapor Polisi

Romer mengatakan, Putri tinggal di rumah pribadi di Jalan Saguling. Rumah di Jalan Saguling dan di Jalan Bangka merupakan milik pribadi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Sementara itu, tempat kejadian perkara pembunuhan Yosua berada di rumah dinas Ferdy Sambo yang terletak di Kompleks Polri, Duren Tiga.

Jarak antara rumah Sambo di Saguling dan rumah dinas di Kompleks Polri Duren Tiga hanya sekitar 300 meter. Menurut Romer, Putri hanya sesekali datang ke rumah Sambo di Jalan Bangka pada acara tertentu.

"Pernah (Putri ke rumah Bangka), kalau ada acara," kata Romer dilansir dari Kompas.com.

Menurut Romer, Ferdy Sambo tidak setiap hari pulang ke rumah pribadi di Jalan Saguling yang ditinggali Putri Candrawathi.

"Setiap Pak FS ke Bangka itu sendiri? Ibu di Saguling?" tanya jaksa.

"Iya, Bapak sendiri pulang dari kantor," jawab Romer.

Jaksa kemudian mempertanyakan jika Putri tidak tinggal serumah, lantas siapa yang menyiapkan kebutuhan hingga seragam Sambo setiap hari.

"Biasanya langsung ajudan. Habis itu berangkat tergantung, Pak. Kalau kegiatannya apa. Kalau tidak kegiatan apa-apa, langsung ke kantor. Biasanya juga kita ke Saguling dulu," ujar Romer.

Melansir Tribunnews.com, perihal Sambo dan Putri yang tidak tinggal serumah juga sempat dipaparkan oleh Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu (Bharada E), yang juga menjadi salah satu terdakwa dalam perkara itu.

Baca Juga: Dukung Penggugat Tambang di Pulau Wawonii, Ratusan Masyarakat Pantau Sidang PTUN Kendari

Dalam persidangan pada 31 Oktober 2022, Eliezer mengungkapkan, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi sudah pisah rumah selama setahun.

Eliezer menyebutkan, Sambo dan Putri hanya bertemu setiap akhir pekan. Dia menyampaikan hal itu menanggapi kesaksian Susi, ART Ferdy Sambo, dalam sidang.

"Saudara saksi (Susi) mengatakan Pak FS lebih sering di Saguling dan saudara saksi sering menyediakan sarapan untuk Saudara FS," ujar Eliezer. "Faktanya, Saudara FS ini lebih sering di kediaman di Bangka untuk Sabtu-Minggu baru balik ke Saguling," ucap Eliezer. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga