Sejak Ramadan Pemda Kolut Distribusi Bahan Pangan untuk Warga Terdampak COVID-19

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 02 Mei 2020
0 dilihat
Sejak Ramadan Pemda Kolut Distribusi Bahan Pangan untuk Warga Terdampak COVID-19
Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH dan H. Abbas, SE bersama tim optimalisasi kinerja pemerintah daerah, Tasrim, S.Ag. M.Si saat menyerahkan bantuan logistik kebutuhan pokok kepada warga di salah satu desa. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak COVID-19, setiap desa mendapat jatah 20 KK dengan tiga jenis bantuan bahan pokok yakni satu karung beras ukuran 25 kg, telur satu rak, dan gula pasir tiga kg. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sejak memasuki bulan suci Ramadan, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara telah mendistribusikan puluhan ton  beras, gula pasir, dan ribuan rak telur ayam ras untuk masyarakat terdampak COVID-19 yang tersebar di 15 kecamatan dan 133 desa serta kelurahan.

Pendistribusian kebutuhan bahan pokok tersebut berlangsung selama empat hari di mulai sejak tanggal 22 April 2020 dan berakhir hari ini, Sabtu (2/5/2020).

Untuk bantuan COVID-19 ini, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara memporsi 20 Kepala Keluarga (KK) setiap desa, sehingga total bahan pokok yang terdistribusi di 133 desa dan kelurahan sebanyak 66.500 kilo gram beras atau 2.660 karung beras ukuran 25 kg.

Selain beras, Pemerintah Kolaka Utara juga mendistribusikan 2.660 rak telur ayam ras dan 7.980 kg gula pasir yang setiap KK mendapat 3 kg.

Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH melalui Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kolaka Utara, H. Saenal Ahmad, SE mengungkapkan, hari ini merupakan hari terakhir pendistribusian logistik dalam bentuk bahan pokok untuk masyarakat terdampak COVID-19 di 133 desa dan kelurahan.

Baca juga: Kemenko-Marves Tegaskan Tak Ada Kepentingan LBP di 500 TKA China

"Bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak COVID-19, setiap desa mendapat jatah 20 KK dengan tiga jenis bantuan bahan pokok yakni satu karung beras ukuran 25 kg, telur satu rak, dan gula pasir tiga kg," ungkap Saenal, Sabtu (2/5/2020).

Mantan Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) ini berharap bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kolaka Utara dapat meringankan beban masyarakat selama bulan suci Ramadan.

"Pemerintah berharap bantuan ini bermanfaat walaupun nilainya tidak seberapa tetapi setidaknya bisa meringankan beban masyarakat," harapnya.

Terpisah, Tim Kerja Optimalisasi Kinerja Pemerintah Daerah Bidang Kesra dan Keagamaan, Tasrim, S.Ag. M.Si mengatakan, penyaluran bantuan pengaman sosial dalam bentuk logistik bahan pokok merupakan bentuk perhatian pemerintah Kolaka Utara pada masyarakat di tengah situasi pandemi COVID-19.

"Ini bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat dan  penyaluran logistik ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu yang tidak sedang menerima bantuan dalam bentuk lain dari pemerintah seperti BLT dan jenis bantuan lainnya," katanya.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga