Sejumlah Kader PDI-P Nyatakan Dukung Paslon HALO

Mohamad Lukman Saputra, telisik indonesia
Jumat, 13 November 2020
0 dilihat
Sejumlah Kader PDI-P Nyatakan Dukung Paslon HALO
Sejumlah Kader PDI-P nyatakan dukungan ke HALO Foto: Mohamad Lukman Saputra/Telisik

" Kami dari beberapa pengurus PDI-Perjuangan, sebagai manusia tentu kita punya pilihan walaupun kita terikat oleh ideologi salah satu partai. Kita dalam pemilihan di Pilkada ini kenapa bisa jatuhkan pilihan ke HALO, karena kita meriset bahwa mayoritas pendukung kita di bawah merapat ke HALO. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kader PDI-P Kabupaten Wakatobi ramai-ramai menyatakan sikap mendukung Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, Arhawi - Hardin Laomo.

Paslon berakronim HALO itu merupakan rival politik dari Paslon Haliana - Ilmiati Daud (HATI) yang diusung secara kelembagaan oleh PDI-P pada Pilkada 2020.

Berbagai alasan yang membuat kader PDI-P Kabupaten Wakatobi itu memutuskan untuk mendukung Paslon HALO, di antaranya karena melihat banyak dari simpatisan PDI-P yang beralih dukungan ke Paslon HALO.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Bidang Internal PDI-Perjuangan Kabupaten Wakatobi, Suprianto, pada saat konferensi pers di Sekretariat Pemenangan HALO, Kamis Malam (12/11/2020).

"Kami dari beberapa pengurus PDI-Perjuangan, sebagai manusia tentu kita punya pilihan walaupun kita terikat oleh ideologi salah satu partai. Kita dalam pemilihan di Pilkada ini kenapa bisa jatuhkan pilihan ke HALO, karena kita meriset bahwa mayoritas pendukung kita di bawah merapat ke HALO," tuturnya, Kamis (12/10/2020).

Senada dengan itu, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Komunikasi Politik, Muhamad Syawal yang juga merupakan mantan Calon Wakil Bupati Wakatobi pada Pilkada 2015 lalu dengan akronim HALAL mengatakan, banyak dari pendukungnya yang merapat ke HALO.

"Menurut pengamatan saya hari ini, HALO cukup jauh unggul saya lihat, karena saya secara pribadi lebih melihat gerbong HALAL kemarin dan saya juga melakukan testimoni pada saat kampanye HALO, insya Allah hampir 50 persen yang hadir kampanye itu pendukung HALAL yang dulu," terang Muhamad Syawal.

Baca juga: Bawaslu Muna Bakal Diperiksa Soal Laporan Paslon TERBAIK

Terkait dengan perkiraan kemenangan Paslon HALO, Wakil Ketua Bidang Kehormatan PDI-P yang juga mantan anggota DPRD Wakatobi 2 periode, La Ode Masiudin membeberkan, kemenangan Paslon HALO berada di kisaran 60 : 40 dengan Paslon HATI.

"Saya menilai Paslon HALO menang pada perolehan 60 : 40 suara," tuturnya.

Selain melihat potensi kemenangan HALO, Wakil Ketua Bidang Kaderisasi, Supardi menjelaskan, yang menjadi alasan lain dari sejumlah kader PDI untuk beralih dukungan adalah karena menilai Haliana gagal dalam menahkodai PDI-P.

"Kalau pribadi saya kenapa mendukung HALO, karena saya sudah menyatakan sikap politik bahwa saya tidak akan pernah mengikuti seorang pemimpin yang gagal di Wakatobi. Calon bupati dan Ketua DPC PDI-Perjuangan yang gagal total," ujarnya.

Tambahnya, salah satu bukti kegagalan Haliana dalam memimpin DPC PDI-P Wakatobi, selain tidak pernah menyumbang untuk bangunan yang ditinggalkan oleh Hugua, ditambah dengan  jumlah anggota DPRD Wakatobi yang tadinya 8 kursi PDI-P, turun menjadi 5 kursi.

"Satu biji kerikil pun tidak pernah menyumbang ke bangunan kami yang ditinggalkan oleh Pak Hugua dan ditelantarkan oleh beliau. Seorang ketua yang dari 8 kursi meluluhlantakkan sebuah partai besar," kesalnya. (A)

Reporter: Mohamad Lukman Saputra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga