Seleksi Anggota Panwascam Buton Selatan Diperpanjang

Deni Djohan, telisik indonesia
Kamis, 06 Oktober 2022
0 dilihat
Seleksi Anggota Panwascam Buton Selatan Diperpanjang
Ketua Bawaslu Buton Selatan, Mahyudin Jema (kiri). Anggota, Rosni (tengah) dan Hastun (kanan). Foto: Ist

" Perpanjangan tahapan ini dilakukan karena terdapat enam kecamatan yang belum memenuhi syarat keterwakilan perempuan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Buton Selatan memperpanjang tahapan seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) hingga tanggal 8 Oktober 2022.

Ketua Bawaslu Buton Selatan, Mahyudin Jema mengatakan, perpanjangan tahapan ini dilakukan karena terdapat enam kecamatan yang belum memenuhi syarat keterwakilan perempuan.

Enam kecamatan tersebut yakni Kecamatan Sampolawa, Lapandewa, Batuatas, Kadatua, Siompu dan Siompu Barata.

"Yang memenuhi syarat keterwakilan perempuan hanya Kecamatan Batauga saja," beber dosen ilmu pemerintahan itu kepada Telisik.id, Rabu (5/10/2022).

Menurutnya, apabila pada tahapan pendaftaran kedua ini syarat keterwakilan perempuan juga belum memenuhi syarat, maka proses seleksi akan terus dilanjutkan.

Baca Juga: Antisipasi Kelangkaan BBM, Pj Bupati Kolaka Utara Pantau SPBU

"Jadi dalam proses pendaftaran ini bukan hanya perempuan yang bisa mendaftar, tapi laki-laki juga," tambahnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, lanjutnya, pengumuman hasil penelitian berkas calon akan dilaksanakan pada 12 Oktober mendatang. Kemudian akan dilanjutkan dengan tahapan tanggapan dan masukan masyarakat selama 7 hari atau sejak tanggal 12 hingga 18 oktober 2022.

Kemudian dilanjutkan dengan tes tertulis menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Hasil tes ini akan diumumkan pada tanggal 17. Tahapan berikutnya yakni wawancara kemudian dilanjutkan dengan tahapan pleno penetapan calon anggota Panwascam pada tanggal 23-24 Oktober 2022.

"Pelantikan akan dilaksanakan pada 26-28. Jadi setiap kecamatan itu tiga orang. Artinya, 21 orang akan kami lantik mantinya," terang Mahyudin.

Pada kesempatan ini, ia berharap kepada seluruh generasi muda di Buton Selatan yang punya kemampuan dan kapabilitas dalam melakukan pengawasan pada pesta demokrasi, untuk segera melibatkan diri untuk terciptanya pemilu yang berintegritas dan profesional.

Baca Juga: Cairkan BTT, BPKAD Muna Barat Tunggu Hasil Perhitungan Kerugian Korban Kebakaran

"Ini kesempatan bagi para generasi muda kita. Oleh karenanya, Bawaslu mengajak seluruh pemuda untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu nanti," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Bawaslu Buton Selatan, Suharjono mengatakan, anggaran pengawasan pilkada pada 2024 mendatang, Bawaslu telah mengusulkan kepada pemerintah daerah. Namun anggaran tersebut bakal dibahas pada 2023 mendatang.

"Yang kami usulkan Rp 13 milar. Nanti akan ada Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)," pungkasnya. (B)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga