Sempat Gagal, Pembangunan GOR Kabupaten Buton Kembali Dilelang

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Jumat, 03 Juni 2022
0 dilihat
Sempat Gagal, Pembangunan GOR Kabupaten Buton Kembali Dilelang
Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi (kiri depan) didampingi oleh Bupati Buton La Bakry (kanan depan) dan Kadis Dispora Buton Abdul Z Napa (tiga dari kanan) saat sedang meninjau lahan pembangunan GOR Kabupaten Buton. Foto: Ist

" Setelah gagal pada bulan April lalu, kini Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara, kembali membuka sesi lelang tahap kedua untuk pembangunan infrastruktur GOR Kabupaten Buton, yang telah mulai di buka dari bulan Mei sampai pertengahan bulan Juni 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah gagal pada bulan April lalu, kini Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara, kembali membuka sesi lelang tahap kedua untuk pembangunan infrastruktur GOR Kabupaten Buton, yang telah mulai di buka dari bulan Mei sampai pertengahan bulan Juni 2022.

Kadis Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara, Pahri Yamsul mengtakan untuk pembangunan GOR sendiri, bukanlah sesuatu perkara mudah, yang bisa secara spontan langsung di bangun begitu saja.

"Sebenarnya untuk tahap pembangunan GOR Buton, inikan direncakan pada tahun kemarin yang dipegang langsung oleh pemerintah daerah. Hanya saja kerena biaya dan lain sebagainnya, sehingga dialihkan lah kepada pihak Provinsi, untuk menangani proyek GOR Buton," ungkapnya Jum'at (3/6/2022).

Sehingga untuk proyek GOR sendiri, lanjut dia, diadakan sesi lelang untuk pembangunan GOR, di mana sampai detik ini, sudah yang kedua kalinya di buka sesi lelang. Setelah sebelumnya di adakan pada bulan April kemarin.

"Pada sesi pertama itu gagal, karena tidak ada yang menawar untuk pembangunan GOR, dan itu merupakan sesuatu hal yang wajar, untuk itu kita buka lagi sesi lelang kedua. Jika di sesi ini, sudah diumumkan pemenangnya, maka satu atau dua hari berikutnya, pasti kami akan langsung kerjakan secara cepat," ujarnya.

Baca Juga: 15 Kabupaten Kota di Sulawesi Tenggara Raih WTP, 2 WDP

Untuk pembangunan GOR Buton sendiri, diperkirakan akan menelan biaya kurang lebih sekitar 12 sampai 15 Miliar, dengan fasilitas empat lapangan olahraga yang akan tersedia.

Sementara itu, Kadis Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Buton, Abdul Z Napa mengatakan, pembangunan GOR adalah untuk persiapan perhelatan Porprov, yang akan dilaksanakan akhir tahun 2022. Di mana Kabupaten Buton dan Kota Bau-Bau ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Bahkan kami sudah siapkan tanah seluas 12 Hektar untuk pembangunan GOR, stadion, dan wisma atlet, yang dinilai sudah cukup baik dan memenuhi standar," jelasnya.

Baca Juga: Mengulik Kerajinan Perak Terbesar di Sulawesi Tenggara

Hanya saja, kata dia, sampai detik ini proses pembangunan GOR belum juga dilakukan. Sehingga besar harapannya, proses lelang yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi bisa segera clear, dan GOR bisa segera dibangun.

"Semoga seluruhnya bisa terselesaikan dengan tepat waktu, sebelum pelaksanaan Porprov digelar," ujarnya. (B)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga