Sistem Pemilu Proporsional Terbuka Caleg Bekerja Sendiri, Parpol Terima Hasil

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 22 Mei 2023
0 dilihat
Sistem Pemilu Proporsional Terbuka Caleg Bekerja Sendiri, Parpol Terima Hasil
Pengamat Politik Sulawesi Tenggara M. Najib Husain menilai sistem pemilihan umum proposional terbuka saat ini berdampak pada jarak antara partai dan calon legislatif yang berefek pada langkah pemenangan Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Menurut Najib Husain, pemilihan umum proposional terbuka berdampak terhadap caleg, turun mencari dukungan sendiri tanpa keterlibatan langsung partai politik "

KENDARI, TELISIK.ID - Sistem Pemilu proposional terbuka merupakan sistem demokrasi elektoral yang mendorong pemilihan secara personal calon legislatif. Dimana partai politik tidak lagi menjalankan perannya dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi rakyat secara langsung, namun hanya menyiapkan kader terbaik untuk maju kontestasi politik.

Pengamat Politik Sulawesi Tenggara, Najib Husain menilai sistem pemilihan umum proposional terbuka berdampak  terhadap caleg untuk turun mencari dukungan sendiri tanpa keterlibatan langsung partai politik.

"Dampak dari sistem proporsional terbuka adalah figur bekerja sendiri dan partai hanya menerima hasil," ungkap Najib Husain dihubungi melalui telepon seluler, Sabtu (20/5/2023).

Keterikatan dan kerja sama caleg dan parpol dalam menyosialisasikan kepada pemilih, menjadi salah satu tolak ukur keterwakilan partai untuk maju menghadapai Pemilu 2024.

Baca Juga: Sistem Pemilu Proporsional Terbuka atau Tertutup, Golkar Jawa Timur Target 17 Kursi

"Sampai saat ini masih ada jarak sehingga parpol sendiri belum maksimal dalam menyosialisasikan calon legislatif. Mereka masih sibuk mengurus dirinya sendiri sehingga caleg berjuang tanpa dukungan partai politik," tambahnya.

Sementara salah satu partai peserta pemilu, Partai NasDem, saat ini belum juga mengambil langkah pemenangan, namun masih membangun kekuatan melalui struktur internal untuk bekerja semaksimal mungkin menghadapi Pemilu 2024.

Baca Juga: Pendapat PKS Kota Kendari Tentang Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

Sekretaris DPW NasDem Sulawesi Tenggara, Abdul Aziz mengungkapkan, untuk saat ini langkah-langkah pemenangan hanya mengarah pada perbaikan struktur dan silaturahmi sesama kader NasDem.

"Memperbaiki struktur, selalu mengadakan silaturahmi, memerintahkan semua pengurus dan caleg untuk banyak turun ke masyarakat," ungkap Abdul Aziz. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga