SMK di Sulawesi Tenggara Terlibat dalam Program Inklusi Pendidikan, Dikbud Sultra Berikan Dukungan Penuh

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Sabtu, 16 Desember 2023
0 dilihat
SMK di Sulawesi Tenggara Terlibat dalam Program Inklusi Pendidikan, Dikbud Sultra Berikan Dukungan Penuh
Dikbud Sultra memberikan dukungan penuh dengan menyediakan pelatihan khusus bagi guru maupun tenaga pendidik di SMK. Foto: Ist

" Di tengah semangat untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sulawesi Tenggara terlibat secara aktif dalam Program Inklusi Pendidikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Di tengah semangat untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sulawesi Tenggara terlibat secara aktif dalam Program Inklusi Pendidikan.

Program Inklusi Pendidikan bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang setara bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. SMK di Sulawesi Tenggara tidak hanya membuka pintu bagi siswa dengan berbagai kondisi kesehatan atau kebutuhan pendidikan khusus, tetapi juga secara aktif berupaya menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan mendukung bagi semua siswa.

Program Inkusi pendidikan bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang setara bagi semua siswa. Foto: Ist.

 

Dikbud Sultra memberikan dukungan penuh dengan menyediakan pelatihan khusus bagi guru dan tenaga pendidik di SMK untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang pendidikan inklusif. Selain itu, mereka juga menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung, seperti fasilitas aksesibilitas dan bantuan teknologi.

Kepala Dinas Dikbud Sultra, Yusmin menyebut, kegiatan workshop  peningkatan perlu dilakukan sebab guru-guru yang mempunyai kompetensi dan ilmu dalam kegiatan peningkatan program merdeka belajar ini bisa saling berbagi pengalaman dengan guru-guru yang lainnya.

Baca Juga: DWP Dikbud Sulawesi Tenggara Adakan Pertemuan Bulanan di SMAN 2 Kendari

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Bentuk FKO untuk Membangun Komunikasi antar Pelajar

“Dikbud itu mengurus tiga hal yaitu guru, siswa dan prasarana. Guru-guru yang punya ilmu dan pengetahuan lebih harus bisa membimbing guru-guru muda lainnya. Salah satunya melalui kegiatan seperti ini,” ucapnya dengan tegas.

Pendidikan inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik. Foto: Repro Amanat.id

 

Dilansir dari Disdik.depok.go.id, pendidikan Inklusif adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.

Pendidikan Inklusif memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anak untuk mendapat pendidikan tanpa memandang kondisi anak. Hal ini memungkinkan peserta didik berkebutuhan khusus bersekolah di sekolah reguler. (B-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga