Soal Pilwali, Sulkarnain Ingin Fokus Kerja Dulu

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 30 Desember 2020
0 dilihat
Soal Pilwali, Sulkarnain Ingin Fokus Kerja Dulu
Sulkarnain Kadir. Foto: Ist.

" Saya tidak mengomentari orang lain, tapi kita fokus kerja saja dulu. "

KENDARI, TELISIK ID - Meski Pilwali Kendari belum pasti akan digelar di tahun 2022 atau 2024, namun sudah menjadi perbincangkan hangat di media sosial facebook.

Sejumlah warganet bahkan telah mengunggah kandidat yang diperkirakan maju berkompetisi. Misalnya, Sulkarnain Kadir (SUL).

Tak hanya mengunggah seorang diri, SUL bahkan kerap dipasangkan dengan anak dari mantan Gubernur Sultra, Nur Alam, Radhan Alghindo Nur Alam.

Merespon itu, SUL belum mau memberikan komentar, sebab ia masih fokus menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota Kendari hingga 2022 mendatang.

"Saya tidak mengomentari orang lain, tapi kita fokus kerja saja dulu," kata SUL, Rabu, (30/12/2020).

Selain ingin fokus melayani 391.758 masyarakat Kota Kendari, Pilwali belum pasti apakah akan digelar tahun 2022 atau di 2024.

Baca juga: Kapan Pilwali Kota Kendari Digelar?

"Undang-undangnya juga belum diputuskan kapan, nanti aja setelah undang-undangnya diputuskan," jelas Ketua MPW PKS Sultra ini.

Diketahui, saat ini, KPU Kota Kendari masih menunggu penetapan revisi UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu dan UU Nomor 10/2016 tentang pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan wali kota/wakil wali kota.

Dalam revisi kedua UU Pemilu yang saat ini masih di DPR RI tersebut, prosesnya adalah menggabungkan kedua UU Pemilu tersebut.

Jika berdasarkan UU Nomor 10/2016 bahwa jadwal Pilkada Serentak akan dilaksanakan pada November 2024 atau tahun yang sama dengan Pemilu Legislatif dan Pilpres.

Beberapa opsi yang ada dalam revisi kedua UU tersebut yakni Pilkada lokal 2022 atau 2023 dangan nanti dilaksanakan secara serentak secara nasional di tahun 2027 atau dua tahun setelah pemilu nasional. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga