Sopir Armada Mengaku Volume Sampah Semakin Banyak Setahun Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 07 Juli 2021
0 dilihat
Sopir Armada Mengaku Volume Sampah Semakin Banyak Setahun Ini
Armada sampah tiap hari sisir bak sampah warga Kendari. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Sampah hasil rumah tangga warga Kota Kendari setiap tahun semakin bertambah banyak, sehingga membuat petugas pengangkut sampah cukup kewalahan. "

KENDARI, TELISIK.ID – Sampah hasil rumah tangga warga Kota Kendari setiap tahun semakin bertambah banyak, sehingga membuat petugas pengangkut sampah cukup kewalahan.

Hal tersebut disampaikan salah seorang sopir armada pengangkut sampah, Amsar. Menurutnya, peningkatan volume sampah memang terjadi setiap tahun, tapi yang paling terasa peningkatannya tiga tahun belakangan, khususnya dalam setahun ini.

“Jangankan kita hitung tiga tahun yang lalu, yang tahun ini saja peningkatan sampah luar biasa,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Dimana, kata dia, sering kali armada pengangkut sampahnya sudah tidak muat sedangkan masih ada bank sampah yang belum diangkut sampahnya. Sehingga, mau tidak mau ia harus kembali untuk mengangkut sampah yang tersisa.

“Biasanya sudah full satu ret, namun masih ada sampah belum terangkut tapi sudah tidak muat. Kalau tidak muat, kita datang lagi mengangkut, setelah itu kita diarahkan ke tempat lain,” tambahnya.

Baca juga: Kisah Sopir Armada Sampah yang Sudah 13 Tahun Angkut Sampah Warga Kendari

Baca juga: Konsorsium Tolaki Mepokoaso Tolak Penetapan Dewan Kebudayaan Provinsi Sultra

Maka untuk mengatasi sampah yang terus bertambah tersebut, satu rute yang menjadi wilayah mengangkut sampah dibagi menjadi dua rute. Dimana yang tadinya satu rute hanya untuk satu armada, namun karena sampah meningkat sehingga satu rute tersebut dibagi menjadi dua rute untuk ditangani oleh dua armada.

Peningkatan volume sampah tersebut juga diakui oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari. bahkan terjadi peningkatan hingga 20 persen setiap tahunnya.

“Persentase peningkatan sampah setiap tahun bisa sekitar 10-20 persen. Ini karena memang jumlah penduduk setiap tahunnya juga mengalami peningkatan,” kata Kabid Persampahan dan Pengelolaan Limbah B3 DLHK Kendari, Zulkarnaim, kepada Telisik.id, belum lama ini.

Pasalnya, Kota Kendari merupakan kota yang jumlah penduduknya terus bertambah, baik orang yang hanya datang sementara waktu maupun yang memilih menetap di Kota Kendari.

“Otomatis sampah bertambah saat pertambahan penduduk juga bertambah,” ucapnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga