Sosok Akhwat Dwi Julyani Syahrul, Lolos Duta SMA Setelah Bersaing Ribuan Siswa di Indonesia

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 14 September 2023
0 dilihat
Sosok Akhwat Dwi Julyani Syahrul, Lolos Duta SMA Setelah Bersaing Ribuan Siswa di Indonesia
Sosok Akhwat Julyani, Duta SMA dari Sulawesi Tenggara usai bersaing dari ribuan siswa di Indonesia. Foto: Ist.

" Pekan lalu, tepatnya 5-8 September, dua siswa SMA dari Kota Kendari, berhasil lolos menjadi perwakilan Sulawesi Tenggara setelah bersaing dengan ribuan siswa lain dari seluruh Indonesia. Salah satu siswa tersebut adalah Akhwat Dwi Julyani Syahrul "

KENDARI, TELISIK.ID - Pekan lalu, tepatnya 5-8 September, dua siswa SMA dari Kota Kendari, berhasil lolos menjadi perwakilan Sulawesi Tenggara setelah bersaing dengan ribuan siswa lain dari seluruh Indonesia. Salah satu siswa tersebut adalah Akhwat Dwi Julyani Syahrul.

Kepada Telisik.id, siswi yang kerap disapa Akhwat tersebut mengaku melewati proses seleksi yang cukup panjang, mulai dari seleksi berkas yang harus bersaing dengan 3.445 siswa lain di Indonesia, mereka juga kemudian bersaing dalam tahapan seleksi karya tulis essay hingga menghasilkan 74 siswa terbaik dari seluruh Indonesia.

Siswi kelas 12 dari SMAN 5 Kendari tersebut menambahkan saat bertanding di tingkat nasional, dirinya diberikan sesi untuk menunjukkan bakat. Karena menyukai dunia modelling, Akhwat pun menampilkan bakat dengan melakukan fashion show dengan menggunakan pakaian adat khas Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Sosok Al Habsyi, Ustadz Kondang yang Sedang Safari Dakwah di Sulawesi Tenggara

Bakatnya dalam dunia modelling memang tidak diragukan lagi, hal tersebut terbukti pada tahun Agustus 2023 lalu, dirinya menjadi pemenang dalam ajang Lomba Fashion Show dalam rangka hari Remaja Internasional yang diselenggarakan oleh Generasi Berencana (Genre) Sulawesi Tenggara.

Sebagai seorang Duta SMA, nantinya Akhwat akan menjadi agen perubahan dalam pencegahan dan penanganan kasus kekerasan antar teman sebaya agar dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman di sekolah. Dirinya juga akan menjadi agen pelopor dalam pencegahan kasus kekerasan dengan cara menyebarluaskan edukasi terkait dampak/bahaya kekerasan terhadap seseorang melalui media sosial.

Baca Juga: Sosok M Abdul Laziati Jr.ode, Penyanyi Asal Kota Baubau tanpa Darah Musisi

Selain terpilih menjadi Duta SMA Sulawesi Tenggara, Siswi kelahiran 1 Juli 2005 tersebut juga aktif dalam Forum Anak Kota Kendari. Sebuah forum yang mewadahi suara-suara anak di Kendari dalam upaya pemenuhan hak-hak anak. Dalam forum tersebut, dirinya kerap menjadi perwakilan Sulawesi Tenggara untuk kegiatan nasional lain, salah satunya pada kegiatan Hari Anak Nasional 2022 di Manado, Sulawesi Tengah.

Untuk itu, dirinya yang terpilih menjadi perwakilan Sulawesi Tenggara dalam ajang Duta SMA tersebut disambut bahagia oleh rekan-rekannya di Forum Anak Sulawesi Tenggara, salah satunya Fasilitator Forum Anak Nasional, Agil Ismail.

“Semangattt,” tulis Agil di kolom komentar Instagram Akhwat, @akhwatjulyani. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga