STQ Muna Sukses, Kecamatan Batalaiworu dan Kontukowuna Juara Umum

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 06 Maret 2023
0 dilihat
STQ Muna Sukses, Kecamatan Batalaiworu dan Kontukowuna Juara Umum
Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama para juara STQ kabupaten. Foto: Sunaryo/Telisik

" STQ XXIX tingkat Kabupaten Muna berjalan sukses. Dua kecamatan menjadi juara umum, Kecamatan Batalaiworu juara umum STQ dan Kecamatan Kontukowuna juara umum Lembaga Seni dan Qasidah "

MUNA, TELISIK.ID - Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) XXIX tingkat Kabupaten Muna berjalan sukses. Dua kecamatan menjadi juara umum, Kecamatan Batalaiworu juara umum STQ dan Kecamatan Kontukowuna juara umum Lembaga Seni dan Qasidah (Lasqi).

Kabag Kesra Pemkab Muna, Abdul Azis Teo menerangkan, peraih juara umum merupakan kecamatan yang qari dan qariahnya mendapatkan juara pada 11 cabang yang diperlombakan. Antara lain tilawah, tartil qur'an, tilawah cacat netra, faham Al-Qur'an, karya tulis ilmiah, qasidah, seni kaligrafi dan bintang vocal.

"Qari dan qariah yang mendapat juara, kita persiapkan untuk mewakili kabupaten di tingkat provinsi," kata Azis Teo, Senin (6/3/2023).

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, STQ dilakukan dalam rangka memperkuat ukhuwah islamiyah, sekaligus ajang kaderisasi bagi qari dan qariah dalam memperkuat iman dan taqwa terhadap Allah SWT.

Baca Juga: Konawe Kepulauan Siapkan Duta Terbaik STQ Tingkat Provinsi

Baca Juga: STQH Tingkat Kabupaten Kolaka Timur Resmi Digelar

Rusman menerangkan, peserta yang mendapatkan juara bukan akhir dari perjuangan. Karena, masih ada yang akan dihadapi di tingkat provinsi. Karena itu ia berharap, para qari dan qariah dapat terus berlatih.

"Ilmu harus terus dipelajari, karena tantangan di tingkat provinsi semakin besar," pesannya.

STQ tingkat kabupaten diselanggarakan selama seminggu di Lapangan Manguntara, Kecamatan Tongkuno. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan syiar islam itu sebanyak 618 orang dari 22 kecamatan. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga