Sulawesi Tenggara Tuan Rumah Bulan PRB Nasional

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 11 Oktober 2023
0 dilihat
Sulawesi Tenggara Tuan Rumah Bulan PRB Nasional
Kondisi pameran bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2023 di Lapangan Eks MTQ Kendari. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Sulawesi Tenggara menjadi tuan rumah peringatan PRB nasional. Seluruh insan penanggulangan bencana dari berbagai daerah berkumpul di Kendari untuk meriahkan peringatan ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) diperingati setiap bulan Oktober. Tahun ini, Sulawesi Tenggara menjadi tuan rumah peringatan PRB nasional. Seluruh insan penanggulangan bencana dari berbagai daerah berkumpul di Kota Kendari untuk meriahkan peringatan ini.

Bulan PRB sejak Rabu (11/10/2023) pagi pukul 07.00 Wita dibuka dengan apel siaga oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara di Lapangan Eks MTQ, Kota Kendari.

Diikuti juga dengan pembukaan pameran PRB oleh Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio. Pameran PRB menyediakan puluhan stan dari berbagai lembaga/instansi pemerintah maupun non pemerintahan untuk mengenalkan pencegahan dini bencana.

Selain itu, seluruh pemerintah daerah di Sulawesi Tenggara dan beberapa dinas provinsi juga unjuk gigi membuka stan mengenalkan produk dan komoditas unggulan masing-masing.

Baca Juga: Kurangi Risiko Bencana, Pemda Muna Barat Bentuk FPRB

Beberapa instansi/lembaga yang membuka stan dalam pameran tersebut contohnya seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BNPB Papua, Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Timur, BMKG, dan masih banyak lainnya.

Sejak pembukaannya, pameran PRB dipadati ratusan masyarakat dari berbagai kalangan, terutama anak-anak sekolah dasar dan menengah yang dapat belajar sambil bermain dikenalkan pencegahan becana dalam stan tersebut.

Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio saat pembukaan pameran mengapresiasi dan berterima kasih kepada BNPB yang memberi kepercayaan Sulawesi Tenggara menjadi tuan rumah bulan PRB kali ini.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah PRB Oktober Mendatang, BPBD Sulawesi Tenggara Siapkan Hal Ini

Pj Gubernur Sulawesi Tenggara saat apel siaga juga berpesan untuk masyarakat mencegah dan mewaspadai bukan hanya bencana alam, tapi juga konflik sosial menuju tahun politik 2024.

Bulan PRB kali ini mengangkat tema 'Sultra Posanggu Indonesia Mokora' yang artinya Sultra Tangguh Indonesia Kuat'.

Pameran Bulan PRB bakal dilaksanakan selama lima hari sejak 10-15 Oktober di Lapangan Eks MTQ, Kendari. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga