Tak Cukup Prokes, Kolaka Perkuat Sosialisasi 3T

Muh. Sabil, telisik indonesia
Jumat, 23 Juli 2021
0 dilihat
Tak Cukup Prokes, Kolaka Perkuat Sosialisasi 3T
Sosialisasi prokes dan 3T di salah satu kelurahan di Kabupaten Kolaka. Foto: Ist.

" Peningkatan kasus positif COVID-19 di Kabupaten Kolaka mendapat perhatian serius dari pihak pemerintah daerah. "

KOLAKA, TELISIK.ID - Peningkatan kasus positif COVID-19 di Kabupaten Kolaka mendapat perhatian serius dari pihak pemerintah daerah.

Untuk itu, Pemda bersama Gugus Tugas COVID-19 Kolaka terus mengupayakan berbagai cara dan strategi guna menekan angka kasus Corona di wilayah itu.

Selain upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Kolaka mengenai pentingnya prokes, pihak Pemda dan Dinas Kesehatan beserta Gugus Tugas COVID-19 saat ini gencar menerapkan metode 3T, sebab cara tersebut diyakini dapat mengurangi angka kasus positif virus Corona.

3T merupakan bentuk penanggulangan dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang terdiri dari testing, tracing, dan treatment.

Testing merupakan bentuk pemeriksaan dini yang bertujuan untuk mengetahui kondisi seseorang apakah terjangkit COVID-19 atau tidak melalui swab test antigen atau PCR.

Sedangkan tracing yaitu penelusuran terhadap kontak erat atau kontak langsung antara pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan orang lain di sekitarnya.

Dan treatment adalah tindak lanjut berupa perawatan bagi pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baik itu perawatan di rumah sakit atau pun isolasi mandiri (isoman) dalam pengawasan petugas kesehatan.

Baca juga: Dalam Sepekan, 142 Orang Terpapar COVID-19 di Kolaka

Baca juga: Minim Tunjukkan Gejala, Jumlah Anak Terpapar COVID-19 di Jatim Melonjak

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Humas Dinkes Kolaka, Nasruddin, SKM, MPH kepada Telisik.id.

"Kami dari Dinas Kesehatan, upaya untuk menekan angka kasus Covid ini agar tidak terus meningkat yakni dengan 3T, yaitu testing, tracing, treatment," terang Nasruddin, Kamis (22/7/2021).

Akan tetapi, lanjut Nasruddin penerapan 3T tersebut tentunya akan berjalan efektif apabila didukung dengan kesadaran masyarakat untuk selalu konsisten menerapkan prokes dalam kondisi apapun.

Hal senada juga seperti diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Drs Harun Masirri, Apt, M.Kes. Dia menuturkan, apabila konsep 3T ini ditingkatkan, maka penyebaran COVID-19 di Kabupaten Kolaka dapat segera ditangani dan terselesaikan dengan cepat.

"Insya Allah dengan kita gencar melakukan tracing, testing, dan treatment, kita bisa cepat  menemukan asal mula kontak orang yang terkonfirmasi sehingga cepat ditangani, cepat kita turunkan dan kita bisa beraktivitas baik dengan tetap menerapkan prokes," ungkap Harun Masirri.

Sementara itu, Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kolaka, dr Muhammad Aris menjelaskan bahwa rantai penyebaran virus Corona dapat segera diputus, jika seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah saling bekerja sama.

Saat ini, Pemda dibantu Polres dan Kodim, serta stakeholder lainnya di Kolaka terus melakukan serangkaian sosialisasi prokes dan peningkatan 3T mulai dari tingkat kecamatan sampai pelosok desa/keluruhan  baik secara langsung maupun melalui siaran  TV lokal. (A)

Reporter: Muh Sabil

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga