Telisik.id Bakal Gelar Seminar Pilkada dan Pelatihan Jurnalistik Online

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 23 Agustus 2020
0 dilihat
Telisik.id Bakal Gelar Seminar Pilkada dan Pelatihan Jurnalistik Online
Ketua Panitia Seminar Pilkada dan Pelatihan Jurnalistik Online Telisik.id, Haidir Muhari (kedua dari kiri). Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Pelatihan jurnalistik online ini dilakukan mengingat pengguna internet mengalami peningkatan signifikan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Media online Telisik.id bakal menyelenggarakan seminar pilkada dan pelatihan jurnalistik online pada 11-12 September mendatang.

Ketua Panitia Haidir Muhari mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memberikan sumbangsih positif terhadap demokrasi dan kebangsaan.

Dimana, kata dia, seminar Pilkada 2020 diselenggarakan guna membahas hal-hal urgen, potensi, dan kerawanan terkait pemilihan serentak tahun 2020.

Sedangkan, lanjutnya, untuk pelatihan jurnalistik online ini sebagai wadah untuk menajamkan kompetensi jurnalistik berbasis media online.

"Pelatihan jurnalistik online ini dilakukan mengingat pengguna internet mengalami peningkatan signifikan," kata Haidir.

Baca juga: Harga LPG 3 Kilogram di Kota Kendari Tembus Rp 45 Ribu Pertabung

Pasalnya, imbuh Haidir, data yang dirilis We Are Social dan HootSuite pada akhir Januari 2020 lalu mengungkapkan, bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta orang dari total jumlah penduduk Indonesia sekitar 272,1 juta.

Ini berarti lebih dari separuh atau sekira 64 persen masyarakat Indonesia menggunakan internet. Data ini menunjukkan peningkatan sebesar 17 persen atau sebesar 25 juta pengguna dari tahun 2019.

Pertumbuhan signifikan pengguna internet ini berkaitan juga dengan penambahan jumlah berita bohong. Sebagaimana data Kemenkominfo menyebutkan, ada sekitar 800.000 situs di Indonesia yang telah terindikasi sebagai penyebar informasi palsu di tahun 2017.

"Makanya, kegiatan ini menjadi penting kita laksanakan untuk meminimalisir adanya penyebaran informasi bohong atau hoax tersebut," jelasnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: M Nasir Idris

Baca Juga