Thailand Juara Piala AFF 2022 Setelah Lumpuhkan Vietnam

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 17 Januari 2023
0 dilihat
Thailand Juara Piala AFF 2022 Setelah Lumpuhkan Vietnam
Thailand keluar sebagai juara Piala AFF 2022. Di tahun sebelumnya, Thailand juga menjadi juara setelah berhasil tundukkan Vietnam di National Stadium, Singapura, Kamis (29/12/2021) malam WIB. Foto: Repro Bola.net

" Thailand menjadi juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Vietnam 1-0 di leg kedua final "

BANGKOK, TELISIK.ID - Thailand menjadi juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Vietnam 1-0 di leg kedua final yang berlangsung di Stadion Thammasat, Senin (16/1/2023) malam WIB.

Hasil itu membuat tim asuhan Alexandre Polking menang agregat gol 3-2, menyusul hasil imbang di leg pertama 2-2 di kandang Vietnam, Jumat lalu.

Melansir Tempo.co, gol tunggal Theerathon Bunhathan pada menit ke-24 menjadi penentu kemenangan. Dia berhasil menjebol gawang yang dikawal Dang Van Lam setelah memanfaatkan assist dari Adisak Kraisorn.

Meski menggunakan kaki terlemahnya, bola hasil tendangan Theerathon bersarang di pojok kanan gawang tanpa bisa diantisipasi kiper Vietnam, Dang Van Lam seperti dikutip dari Cnnindonesia.com.

Tertinggal satu gol membuat Vietnam berusaha lebih agresif. Dampaknya pada menit ke-29, Vietnam punya peluang emas melalui Tien Linh setelah Weerathep Pomphan melakukan kesalahan. Sayangnya bola Tien Linh masih menyamping di sisi kanan gawang.

Baca Juga: Final Piala AFF 2022 Vietnam vs Thailand Berakhir Imbang

Di sisa laga, babak pertama Thailand lebih mendominasi permainan, meski memiliki dua hingga tiga peluang bagus tapi tuan rumah gagal menambah gol. Skor 1-0 untuk Thailand bertahan hingga akhir babak pertama.

Dikutip dari Viva.co.id, Vietnam yang tertinggal agregat me coba untuk mengubah gaya bermain di babak kedua. Skuad asuhan Park Hang-seo lebih berani keluar dari area pertahanan.

Mereka mengandalkan sisi sayap dan umpan panjang ke lini depan untuk melancarkan serangan balik. Namun tidak mudah untuk memecah pertahanan Thailand.

Para pemain Thailand dengan sigap mampu untuk membendung serangan dari Vietnam. Mereka juga kerap memenangkan duel perebutan bola.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai, keunggulan Thailand atas Vietnam dengan selisih satu gol tetap bertahan. Di pengujung laga, wasit memberi kartu kuning kedua kepada pemain Thailand, Peeradol Chamrasamee.

Vietnam harus merelakan gelar juara Piala AFF 2022 jatuh ke tangan Thailand. Bagi Thailand, ini adalah keberhasilan mempertahankan gelar juara.

Baca Juga: Adakah Perebutan Juara Tiga Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2022?

Susunan pemain dikutip dari Detik.com:

Thailand: Kampol Pathomakkakul; Suphanan Bureerat, Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Weerathep Pomphan, Sasalak Haiprakhon; Teerathon Bunmathan, Pheeradon Chamratsamee, Sarach Yooyen; Poramet Arjvirai, Adisak Kraisorn.

Pelatih: Alexandre Polking

Vietnam: Dang Van Lam; Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh, Que Ngoc Hai, Doan Van Hau, Vu Van Thanh; Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tuan Anh, Do Hung Dung; Phan Van Duc, Nguyen Tien Linh.

Pelatih: Park Hang-seo. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga