Tiga Warga Dirawat di RS Bahteramas Negatif Corona

Siswanto Azis, telisik indonesia
Senin, 09 Maret 2020
0 dilihat
Tiga Warga Dirawat di RS Bahteramas Negatif Corona
Rapat gabungan penanggulangan Virus Covid-19 (Corona) di Sulawesi Tenggara. Foto: Dul/Telisik

" Jika ada yang pasien yang dicurigai suspect terjangkit virus Corona agar segera dirujuk di Rumah Sakit Bahteramas di Kendari dan segera melapor di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara dr. Andi Hasnah mengatakan, sejak maraknya kasus Virus Corona, di Sulawesi Tenggara ada 3 pasien suspect virus corona, namun berdasarkan pemeriksaan hasil lab di Kementrian Kesehatan di Jakarta ketiga pasien tersebut negatif.

"Jika ada yang pasien yang dicurigai suspect terjangkit virus Corona agar segera dirujuk di Rumah Sakit Bahteramas di Kendari dan segera melapor di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara," tegas Kadis Kesehatan Sultra saat menggelar rapat bersama dengan Instasi terkait, untuk kesiapan kewaspadaan ancaman virus Corona, Senin (09/3/2020).

Baca Juga : Pemerintah Saudi Tunda Ibadah Umrah, Penyelenggaraan Haji di Bombana Tetap Normal

Ditambahkannya, dengan hebohnya kasus virus Corona saat ini, pihaknya berharap masyarakat tetap tenang.

"Jadi kami berharap masyarakat Sulawesi Tenggara, untuk tetap tenang dengan hal ini. Akan tetapi kami dari Dinas Kesehatan tetap siaga dalam hal ini," imbuhnya

Dinas Kesehatan berharap masyarakat harus selalu waspada. Masyarakat juga harus memiliki kebiasaan-kebiasaan prilaku hidup sehat, dengan cara mencuci tangan dengan sabun.

Baca Juga : Program Bombana Digital Terkendala Anggaran

Ketika batuk dan pilek atau flu pakai lah masker, dan konsumsi lah gizi seimbang. Serta harus berhati-hati kontak dengan hewan. Harus rajin olahraga, jangan konsumsi daging yang tidak masak, dan bila batuk sesak nafas segera berkonsultasi atau berobat dengan dokter kesehatan.

"Biasakan hidup sehat, berolah raga, minum vitamin C yang 500 mg agar daya tahan tubuh kita kuat," imbau dr. Andi Hasnah.

Mantan Ketua IDI Sultra ini, juga mengimbau kepada masyarakat Sultra, agar tidak berbondong-bondong membeli masker dan cairan anti septik. Sebagai pengganti cairan anti septik bisa menggunakan alkohol Swab.

Baca Juga : MTs Ummusshabri Kembali Juarai Pamer Se-Indonesia Timur

Untuk penanganan kasus Corona, Pemda Sultra telah menunjuk Rumah Sakit Bahteramas sebagai rumah sakit rujukan bagi pasien yang Virus Covid-19 atau virus Corona.

Reporter: Dul
Editor: Sumarlin

Baca Juga