TikTok Shop Bakal Gandeng E-Commerce

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 29 November 2023
0 dilihat
TikTok Shop Bakal Gandeng E-Commerce
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga saat ditemui di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (28/11/2023). Foto: Kompas.com

" Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki sudah mendapat kabar jika TikTok bakal menggandeng e-commerce dalam negeri untuk kembali beroperasi di Indonesia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki sudah mendapat kabar jika TikTok bakal menggandeng e-commerce dalam negeri untuk kembali beroperasi di Indonesia.

Ia menuturkan, pemerintah pada dasarnya tak melarang masuknya platform jual-beli ke Indonesia. Hanya saja, platform tersebut harus memenuhi ketentuan yang berlaku, yakni terpisahnya antara media sosial dengan e-commerce.

"(Kalau TikTok masuk e-commerce besar indonesia?) Itu sih tidak masalah, karena misalnya apakah Tokopedia atau Bukalapak, saya tidak tahu yang mana. Karena dua-duanya sudah IPO, mereka kan membeli saham di pasar modal, jadi pemerintah tidak perlu ikut campur di sini karena itu perusahaan publik," katanya di Cerita Nusantara di JCC Jakarta, Selasa (28/11/23) dilansir dari Cnbcindonesia.com.

Baca Juga: Viral, Kontroversi Pemenang MasterChef Season 11, Isu Rasisme hingga Kehadiran Ganjar Pranowo

Ketentuan pemisahan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

Oleh sebab itu, TikTok Shop yang ditutup sejak 4 Oktober 2023 lalu karena menyatu dengan media sosial, harus mengurus perizinan baru agar bisa beroperasi sebagai e-commerce dan terpisah dari media sosial.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Biaya Haji 2024 Rp 93,4 Juta

Mengutip Kompas.com, nama yang santer terdengar TikTok bakal menggandeng GOTO, yakni PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Rencana merger itu akan diumumkan dalam waktu yang dekat.

Aksi merger ini dilakukan untuk mengatasi hambatan regulasi yang memungkinkan TikTok menghidupkan kembali layanan belanja online di Indonesia. Terkait rencana penggabungan tersebut, Jerry menegaskan, seluruh pihak membahasnya lebih lanjut secara teknis. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga