Tim Dokter Jamin Tak Curang Periksa Kesehatan Bapaslon Presiden-Wakil Presiden Pemilu 2024

Mustaqim, telisik indonesia
Jumat, 20 Oktober 2023
0 dilihat
Tim Dokter Jamin Tak Curang Periksa Kesehatan Bapaslon Presiden-Wakil Presiden Pemilu 2024
Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen Budi Sulistya, jamin tak akan ada kecurangan dalam pemeriksaan bapaslon presiden-wakil presiden yang dimulai Sabtu (21/10/2023). Foto: dok. RSPAD Gatot Soebroto

" Pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) presiden-wakil presiden di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, dimulai Sabtu (21/10/2023). Pemeriksaan pada hari itu dikhususkan untuk bapaslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN). Sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Minggu (22/10/2023) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) presiden-wakil presiden di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, dimulai Sabtu (21/10/2023). Pemeriksaan pada hari itu dikhususkan untuk bapaslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar/Cak Imin (AMIN). Sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Minggu (22/10/2023).

Tim dokter yang telah dibentuk akan memeriksa kesehatan jasmani dan rohani bapaslon. Pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan mulai pukul 07:00 WIB ini juga melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Untuk pemeriksaan bebas narkoba oleh BNN juga dilakukan di RSPAD Gatot Soebroto,” jelas anggota KPU RI yang membidangi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Idham Holik, kepada Telisik.id,  Jumat (20/10/2023).

Selama pemeriksaan kesehatan, petugas yang dilibatkan tidak hanya dari pihak rumah sakit dan BNN, tapi juga staf dari KPU RI. Petugas dari KPU yang dilibatkan, menurut Idham, dimaksudkan untuk membantu kelancaran pemeriksaan. Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan sepenuhnya dilakukan oleh dokter dan paramedis.

Baca Juga: Prabowo Daftar ke KPU Pekan Depan, Peluang Gibran Bergantung Rapimnas Golkar

“Mereka bakal pasangan calon presiden-wakil presiden tersebut wajib puasa, tidak makan, minimal selama delapan jam sebelum pemeriksaan dimulai,” ujar Idham.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen Budi Sulistya, memastikan pemeriksaan kesehatan menyeluruh bagi bapaslon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan dimulai pukul 07:00 WIB. Dia pun membenarkan jajaran KPU RI akan terlibat dalam agenda ini.

Budi menegaskan, pihaknya mengikuti regulasi dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPU RI untuk mengecek kesehatan para bapaslon presiden-wakil presiden. Manajemen RSPAD Gatot Soebroto akan mengerahkan kolegium spesialis untuk memastikan kualitas pemeriksaan kesehatan para bapaslon.

“Kami akan menyelenggarakan pemeriksaan dengan prinsip profesionalisme, imparsialitas independensi, dan juga dipercaya. Tiga hal yang kami tekankan dalam hal ini,” jelas Budi.

Mengenai pemeriksaan yang akan dilakukan kepada para bapaslon presiden-wakil presiden, Budi mengatakan tidak hanya mencakup kesehatan jasmani, tapi juga kesehatan rohani.

“Pemeriksaan secara umum, dan pemeriksaan untuk kesehatan jasmani, rohani dan juga pemeriksaan bebas dari narkoba,” beber Budi.

Budi memastikan, pihaknya akan mengikuti regulasi dan ketentuan yang diberikan KPU terkait pemeriksaan kesehatan para bapaslon. Dia pun menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan tim tenaga kesehatan spesialis yang akan memeriksa.

Hasil pemeriksaan kesehatan terhadap para bapaslon presiden-wakil presiden, kata Budi, selanjutnya tim dokter pemeriksa akan mengadakan sidang terkait hasil pemeriksaan itu.

“Kami harus sidang tim untuk pemeriksa kemudian kami akan serahkan hasilnya kepada Ketua KPU,” jelasnya.

Budi menjamin tidak akan ada kecurangan dalam tes kesehatan terhadap para bapaslon. Dia memastikan hal itu tidak terjadi karena pihaknya selalu memegang prinsip profesionalisme, independensi, dan dapat dipercaya.

“Prinsip itu yang kami jaga sehingga tidak akan ada kecurangan,” tandasnya.

Mandat yang diberikan KPU RI untuk melakukan tes kesehatan terhadap bakal pasangan calon, kata Budi, bukanlah yang pertama kali. RSPAD Gatot Soebroto dinilainya sudah memiliki modal cukup kuat untuk memastikan pelaksanaannya berjalan baik.

“Pada prinsipnya bakal pasangan calon yang dinyatakan sehat adalah secara jasmani, rohani, dan juga bebas dari narkoba,” ujarnya.

Baca Juga: Opsi Independen Disiapkan Abdul Rahman Maju Pilwali Kendari

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, sebelumnya mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan protokol untuk urutan pemeriksaan bapaslon presiden-wakil presiden. Urutan pemeriksaan didasarkan pada bapaslon yang terlebih dulu mendaftar ke KPU RI.

“Sesuai pembicaraan dengan tim RSPAD, bakal pasangan calon yang didaftarkan pertama (di KPU RI) itu nanti akan dilakukan pemeriksaan kesehatan pada hari Sabtu (21/20/203),” jelas Hasyim.

Karena bapaslon Anies-Muhaimin (AMIN) yang lebih duluan mendaftar ke KPU, kata Hasyim, maka bapaslon inilah yang menjalani pemeriksaan pada Sabtu.

“Sedangkan untuk pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan melakukan pemeriksaan di hari berikutnya yakni, Minggu (22/10/2023),” beber Hasyim. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga