Tingkatkan Kunjungan ke Sulawesi Tenggara, Dinas Pariwisata Luncurkan Aplikasi Maimo

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 30 November 2023
0 dilihat
Tingkatkan Kunjungan ke Sulawesi Tenggara, Dinas Pariwisata Luncurkan Aplikasi Maimo
Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dispar Sulawesi Tenggara, Andi Syahrir, saat menjelaskan aplikasi Maimo. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara meluncurkan aplikasi Maimo dengan tujuan memudahkan kunjungan pariwisata di Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara meluncurkan aplikasi Maimo dengan tujuan memudahkan kunjungan pariwisata di Sulawesi Tenggara. Aplikasi tersebut diluncurkan pada Rabu (29/11/2023) di Kafe Bakau Kendari, dan dihadiri pelaku pariwisata di Sulawesi Tenggara.

Aplikasi Maimo merupakan sebuah aplikasi yang menawarkan berbagai informasi pariwisata di Sulawesi Tenggara, mulai dari destinasi, penginapan, guide, toko oleh-oleh, hingga rental kendaraan disediakan oleh aplikasi ini.

Kata Maimo sendiri diambil dari bahasa daerah Wakatobi yang berarti ‘Mari’ atau ‘Sini’ dalam bahasa Indonesia. Maimo juga jika dilihat dari berbagai bahasa daerah di Sulawesi Tenggara, berarti sama berupa bahasa ajakan.

Aplikasi Maimo sendiri diinisiasi dan dikembangkan oleh Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dispar Sulawesi Tenggara, Andi Syahrir. Menurutnya, kehadiran Maimo bertujuan untuk memudahkan wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Tenggara.

“Aplikasi ini jadi paket lengkap untuk para wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Tenggara, di dalamnya sudah ada semua,” tuturnya saat meluncurkan aplikasi.

Baca Juga: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari Latih Ratusan Pelaku Pariwisata

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Belli Harli Tombili menuturkan bahwa jumlah kunjungan di Sulawesi Tenggara sepanjang tahun 2023 telah melebih target yang ditetapkan. Diharapkan dengan kehadiran aplikasi Maimo, wisatawan di Sulawesi Tenggara akan lebih meningkat lagi di tahun 2024 nanti.

Para peserta peluncuran aplikasi Maimo yang terdiri dari berbagai pegiat pariwisata Sulawesi Tenggara. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

 

“Saat ini destinasi wisata di Sulawesi Tenggara telah beberapa kali memenangkan lomba-lomba pariwisata, diharapkan dengan kehadiran dari Maimo ini, jumlah wisatawan ke depannya bertambah, serta wisatawan semakin mudah mendapatkan informasi pariwisata,” paparnya sebelum meluncurkan aplikasi Maimo.

Baca Juga: Festival Adat Maronene Hukaea Laea, Rayakan Kearifan Lokal dan Promosi Pariwisata Bombana

Sementara itu dalam peluncuran aplikasi Maimo, hadir juga Influencer Pariwisata sekaligus alumni MasterChef Indonesia season 8, Chef Laode yang mengapresiasi kehadiran Maimo untuk mengenalkan pariwisata di Sulawesi Tenggara.

“Saya telah berkunjung ke beberapa tempat wisata di Indonesia, dan saya rasa masih belum ada yang mengalahkan destinasi wisata di Sulawesi Tenggara,” paparnya.

Aplikasi Maimo sendiri masih akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pariwisata di Sulawesi Tenggara serta akan terus menambahkan berbagai fitur baru menyesuaikan kebutuhan wisatawan kedepannya. (A-Adv)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga