Tingkatkan Layanan Kesehatan, RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara Tambah Alat CT-Scan

Ana Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 16 Juli 2023
0 dilihat
Tingkatkan Layanan Kesehatan, RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara Tambah Alat CT-Scan
Untuk meningkatkan layanan, RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara tambah alat CT Scan 64 Slice untuk IGD. Foto: Ana Pratiwi/Telisik

" Dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan, pihak Rumah Sakit Umum Bahteramas Sulawesi Tenggara menambah alat CT-Scan 64 Slide untuk ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan, pihak Rumah Sakit Umum Bahteramas Sulawesi Tenggara menambah alat CT-Scan 64 Slide untuk ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Sebelumnya, pihak RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara telah meresmikan penggunaan alat CT Scan 32 Slice. Namun beberapa waktu lalu alat tersebut mengalami gangguan dan sudah dapat difungsikan kembali.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSU Bahteramas, dr. Andi Edy Surahmat mengatakan, untuk saat ini penggunaan CT Scan yang 32 Slice menunggu izin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

"Karena setiap alat-alat yang menggunakan radio aktif itu harus ada izin dari Bapeten," ungkapnya, Jumat (14/7/2023).

Baca Juga: Peresmian Penggunanaan CT Scan dan Halal Bihalal Akreditasi Paripurna RSU Bahteramas Kendari

Dokter Andi mengatakan, CT Scan yang sudah diresmikan tersebut sudah sempat digunakan beberapa kali. Namun dikarenakan adanya penyesuaian, maka alat tersebut mengalami gangguan.  

CT Scan 32 Slice sudah sempat digunakan namun untuk penggunaan kembali menunggu izin dari Bapeten. Foto: Ana Pratiwi/Telisik

 

Ia menambahkan, untuk mendapat izin pengguna alat CT Scan ini belum dapat dipastikan karena pihaknya masih menunggu antrean berkas yang masuk di kantor Bapeten.

"Tapi tadi saya konfirmasi sama operator alatnya, kurang lebih 2 minggu lagi sudah bisa digunakan alat ini," tuturnya.

Penggunaan alat CT Scan, lanjut dr. Andi, digunakan untuk pasien yang membutuhkan gambaran organ tubuh yang lebih mendetail dari pada rontgen.

"Kalau rontgen biasa itu hanya cenderung pada tulang yang memiliki massa yang keras. Tapi kalau dengan CT Scan, biar massanya tidak keras kayak hati, paru-paru, itu akan nampak lebih jelas," katanya.

Ia membeberkan, pihaknya juga sudah melakukan penambahan alat CT-Scan 64 Slice untuk ruangan IGD dan sekarang semenetara menunggu mesin CT Scan-nya dikirim.

"Tadi saya sudah lihat ke belakang, itu yang baru datang hanya kabel-kabelnya saja serta bagian lainnya. Karena alat itu tidak bisa kirim satu kali," tambahnya.

Melansir dari Aldodokter.com, CT Scan atau computerized tomography scan, adalah prosedur pemeriksaan medis yang menggunakan kombinasi teknologi sinar-X dan sistem komputer khusus untuk menghasilkan gambar organ, tulang, dan jaringan lunak di dalam tubuh.

Bagian tubuh yang dipindai CT Scan

Berikut adalah beberapa bagian tubuh yang sering diperiksa menggunakan CT scan:

1. Kepala, untuk mendeteksi jaringan yang mati akibat stroke, tumor, pengerasan jaringan, pendarahan, dan trauma kepala.

2. Paru-paru, untuk mendeteksi adanya luka, peradangan, infeksi, atau bahkan kanker pada paru-paru.

Baca Juga: RS Bahteramas Diserbu Ribuan Pendaftar Tes Kesehatan, dari Calon P3K hingga Caleg

3. Jantung, untuk menghasilkan gambar pembuluh darah arteri koroner.

4. Rongga perut dan panggul, untuk mendiagnosis penyakit pada organ-organ di rongga perut dan panggul, seperti limpa, hati, pankreas, dan saluran empedu.

5. Tulang, untuk memindai kondisi patah tulang dan mengukur kepadatan mineral tulang guna mendeteksi osteoporosis.

Direktur RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara, Hasmudin mengatakan, alat CT Scan itu memiliki kelebihan tersendiri dari alat sebelumnya. Kepekaannya lebih bagus dan bisa melihat seluruh tubuh manusia. (A-Adv)

Penulis: Ana Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga