Tingkatkan Produksi Pertanian, Kadin Konawe Perbaiki Jalan Usaha Tani

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 15 November 2022
0 dilihat
Tingkatkan Produksi Pertanian, Kadin Konawe Perbaiki Jalan Usaha Tani
Kadin Konawe perbaiki jalan usaha tani sejauh 700 meter di Kelurahan Andabia. Foto : Ist.

" Setelah pengerjaan jalan usaha tani Desa Wunduongohi, program Kadin Konawe peduli yang digagas Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar, kini tengah mengerjakan perbaikan jalan usaha tani di Kelurahan Andabia "

KONAWE, TELISIK.ID – Setelah pengerjaan jalan usaha tani Desa Wunduongohi, program Kadin Konawe peduli yang digagas Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar, kini tengah mengerjakan perbaikan jalan usaha tani di Kelurahan Andabia.

Pengerjaan jalan usaha tani ini sejauh 700 meter dan normalisasi sungai di Kelurahan Andabia, Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Yusran Akbar menuturkan, program Kadin peduli ini menyasar perbaikan infrastruktur jalan desa dan kelurahan.

Program ini untuk mendukung kelancaran produksi sektor pertanian dan perkebunan yang selama ini cenderung menjadi keluhan masyarakat.

Baca Juga: Parura Jaya Wakili Muna Barat Ajang Desa Tematik Tingkat Provinsi

“Melalui program Kadin Konawe peduli yang terkoordinasi bersama PU dan Bidang Transportasi untuk membantu masyarakat petani kita dalam memperlancar hasil produksi, hasil panen di sektor tanaman pangan dan perkebunan warga,” ujarnya.

Ia menuturkan, program itu terlaksana dengan baik karena dukungan dan interaksi warga desa dan kelurahan yang ikut berpartisipasi, mulai dari tahapan perencanaan, pengusulan kegiatan hingga proses pelaksanaan dan pengawasannya.

"Tentunya, ini merupakan sinergi dan kolaborasi sesuai dengan fungsi dan peran Kadin yang terus mendorong percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19," ucapnya.

Yusran Akbar menjelaskan, desa yang ada memiliki sumber daya hasil-hasil pertanian cukup, sehingga dengan dukungan perbaikan jalan ke sektor produksinya dapat dengan mudah dan lancar para petani meningkatkan hasil produksinya.

"Serta menghemat biaya transportasi untuk pengolahannya," tambahnya

Baca Juga: Pesona Pantai Gubahi Buton Tengah

Kehadiran Kadin Konawe, memberi dorongan dan tumbuhkan semangat gotong royong serta mengajak partisipasi warga untuk menjaga kelancaran arus transportasi dari dan menuju area persawahan dan kebun warga.

Ia berharap ke depan saat ekonomi meningkat, masyarakat yang berada di area sentra produksi pertanian dan perkebunan yang jalannya kita kerjakan ini dapat berswadaya dan mandiri memperbaikinya, tanpa membebankan anggaran dana desa dan APBD daerah.

Sementara itu salah satu warga, Andi, berterima kasih kepada Kadin Konawe serta pemerintah Daqerah yang telah memberikan jalan pertanian ini.

"Semoga dengan diperbaikinya jalan ini, kita petani semakin mudah untuk pergi ke kebun dan gampang bawa hasil panen keluar," jelasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga