Tingkatkan SDM Pariwisata, Dispar Sulawesi Tenggara Gelar Pelatihan Bidang Pelayanan Makanan dan Minuman

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Selasa, 28 Juni 2022
0 dilihat
Tingkatkan SDM Pariwisata, Dispar Sulawesi Tenggara Gelar Pelatihan Bidang Pelayanan Makanan dan Minuman
Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan SDM bidang pelayanan dan minuman di Patuno Resort Wakatobi, mulai 28-30 Juni 2022. Foto: Boy/Telisik

" Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Pariwisata setiap tahunnya terus meningkatkan Sumber Daya Manusia ini (SDM) di bidang pariwisata "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Pariwisata setiap tahunnya terus meningkatkan Sumber Daya Manusia ini (SDM) di bidang pariwisata. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggelar pelatihan SDM bidang makanan dan minuman.

Pelatihan yang berlangsung sejak 28 hingga 30 Juni 2022 di Patuno Resort Kabupaten Wakatobi yang diikuti oleh kalangan pengelola rumah makan, restauran, hotel dan cafe shop.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata  yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tenggara, Erwin Tahir SE, MM

Pelatihan yang bertujuan agar peserta dapat mengetahui dan memahami pengetahuan, memahami sistem SOP, serta memahami pentingnya pelayanan makanan dan minuman yang profesional in

Pelatihan bagi para wirausaha ini menghadirkan narasumber nasional yakni Sekretaris Dinas Pariwisata Wakatobi Jamuddin,S.Pd., M. Si, Akademisi, Dr. Andi Hasbi, A.Md. Par, S.Sos, MM.CHE  dan Praktisi Suliyanto, S.ST Par.

Dengan sasaran capaian peserta dapat mengetahui dan memahami pengetahuan, memahami sistem SOP, serta memahami pentingnya pelayanan makanan dan minuman yang profesional.

Baca Juga: Wabup: Pembangunan Rumah Adat Patowonua Bukti Perhatian Pemda Atas Nila Budaya Tolaki

"Kegiatan ini merupakan agenda peningkatan SDM di sektor pariwisata dan agenda pelatihan ini khusus untuk pelatihan para pelaku usaha bidang kepariwisataan agar dapat berinovasi di Kabupaten Wakatobi,” ungkap Erwin Tahir, Selasa (28/6/2022).

40 pelaku usaha di Wakatobi mengikuti pelatihan peningkatan SDM bidang pelayanan makanan dan minuman dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara di Patuno Resort. Foto: Boy/Telisik

 

Ia juga berharap pada pelatihan ini para pelaku usaha mampu mengimplementasikan kompetensinya. Meningkatkan pengetahuan, motivasi, dalam memberikan pelayanan makanan dan minuman yang dapat berguna untuk pembangunan pariwisata kedepannya di Wakatobi.

Baca Juga: Anggota Polres Manggarai Timur Dampingi Perawatan Lansia Penderita Katarak

"Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan inovasi baru. Sehingga siap bersaing di masa pandemi hingga berkelanjutan. tambahnya.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi yang diwakili oleh Sekretariat Dinas Pariwisata Wakatobi, Jamuddin berharap kegiatan ini dapat meningkatan Inovasi dan higienitas para pelaku usaha dalam meningkatkan kunjungan pariwisata di Wakatobi

"Kita harapkan restoran dan rumah makan bisa menerapkan prinsip- prinsip usaha yang berkelanjutan. Menciptakan inovasi dan kreativitas yang membawa kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung. (B-Adv)

Penulis: Boy Candra Ferniawan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga