TP PKK Konawe Komit Turunkan Angka Stunting

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 31 Oktober 2023
0 dilihat
TP PKK Konawe Komit Turunkan Angka Stunting
Penyerahan bantuan Antropometri KIT atau alat penanganan stunting dari Pemkab Konawe. Foto: Ist.

" TP PKK Kabupaten Konawe berkomitmen dalam melakukan penurunan angka stunting, guna mendukung program pemerintah daerah "

KONAWE, TELISIK.ID - TP PKK Kabupaten Konawe berkomitmen dalam melakukan penurunan angka stunting, guna mendukung program pemerintah daerah.

Hal tersebut diungkap Ketua TP PKK Kabupaten Konawe, Trinop Tijasari Harmin, saat bertatap muka langsung dengan Tim Penggerak PKK Kecamatan Puriala di Puskesmas Puriala, Selasa (31/10/2023).

Anggota TP PKK Kecamatan Puriala, Ela Nurlela melaporkan terdapat dua orang anak yang mengalami stunting, kedua anak tersebut merupakan adik-kakak yang berdomisili di Desa Puriala.

Sebagai bentuk penanganan serius terhadap kasus stunting tersebut lanjut Ela Nurlela, Tim Penggerak PKK Kecamatan Puriala memberikan bantuan berupa susu dan makanan tambahan.

Baca Juga: TP PKK Kabupaten Konawe Bakal Kembangkan Wisata Air Panas Sonai

"Selain, kasus stunting, TP PKK Kecamatan Puriala juga sedang menangani kasus kekurangan gizi untuk 14 orang," ungkapnya.

Lanjut Ela Nurlela, camat yang menjadi orang tua asuh bagi penderita gizi buruk dan stunting tersebut, sudah memberikan bantuan berupa sembako kepada keluarga penderita.

Mendengarkan laporan tersebut, Trinop Tijasari Harmin, mengapresiasi gerak cepat Pemerintah Kecamatan Puriala dan TP PKK dalam menangani kasus stunting dan gizi buruk di wilayah setempat.

“Saya harap Kecamatan Puriala bisa zero stunting dan gizi buruk, serta bisa menjadi percontohan bagi kecamatan lain," harapnya.

Menurut istri Penjabat (Pj) Bupati Konawe ini, TP PKK Kecamatan Puriala telah berbuat dalam memaksimalkan 10 program PKK. Kata Trinop, di sepanjang jalan dirinya melihat kebun dasa wisma.

"Ini salah satu bukti kalau program PKK di suatu wilayah itu berjalan,” katanya.

Melalui kesempatan itu pula, Trinop kembali menyinggung wisata air panas Sonai. Dia berharap TP PKK Kecamatan Puriala bisa berperan aktif dalam menghidupkan kembali wisata tersebut.

Sebelum melakukan pertemuan dengan TP PKK Kecamatan Puriala, Trinop terlebih dahulu meninjau semua fasilitas di Puskesmas Puriala, di mana kegiatan kunjungan kerja TP PKK Konawe ditempatkan di halaman dalam Puskesmas Puriala.

Baca Juga: Ketua Dekranasda Konawe Bakal Bentuk Kampung Tenun Ameroro

Oleh karenanya, Ketua TP PKK berjanji akan mengupayakan agar ke depan Puskesmas Puriala bisa menjadi Puskesmas Rawat Inap sebagaimana yang diharapkan oleh Kapus bersama para tenaga kesehatan di Puskesmas Puriala.

Diketahui, dalam kesempatan itu, Trinop Tijasari Harmin, juga menyerahkan bantuan sembako berupa susu dan makanan tambahan kepada sejumlah ibu hamil. Pemberian bantuan ini sebagai langkah konkret dalam penanggulangan stunting dan gizi buruk sejak dalam usia kandungan.

Ketua TP PKK Konawe juga menyerahkan Antropometri KIT atau alat penanganan stunting dari Pemda Konawe serta bantuan modal usaha kepada pelaku UMKM.

Kegiatan ini dihadiri Camat Puriala Jasmin, Ketua TP PKK Puriala Asmiati, Kapolsek Puriala IPDA Muh Nur Avivin, Perwakilan Danramil Lambuya, Kapus Puriala Yobi Sanjaya, dan sejumlah kades. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga