Tsunami Hantam Jepang Usai Gempa 7,2 Magnitudo

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 20 Maret 2021
0 dilihat
Tsunami Hantam Jepang Usai Gempa 7,2 Magnitudo
Ilustrasi tsunami jepang. Foto: Repro Kompas.com

" "

JEPANG, TELISIK.ID - Gelombang tsunami setinggi hingga 1 meter menghantam sebagian pantai Jepang hari ini, Sabtu (20/3/2021).

Tsunami terjadi setelah gempa bumi dengan 7,2 Magnitudo (M) mengguncang wilayah Jepang di dekat Prefektur Miyagi.

Sebelumnya, pihak berwenang mengeluarkan peringatan tsunami untuk Jepang setelah gempa bumi berkekuatan 7,2 M di lepas pantai prefektur Miyagi.

Gelombang tsunami pertama hingga satu meter menghantam daratan tak lama setelah gempa bumi, demikian saluran televisi lokal NHK melaporkan seperti dilansir detik.com dari DW, Sabtu (20/3/2021).

Belum ada laporan mengenai korban maupun kerusakan akibat gempa dan tsunami ini.

Konsulat Amerika Serikat di Sapporo mengeluarkan seruan kepada orang-orang di daerah itu untuk "mencari tempat yang lebih tinggi."

Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan, gempa terjadi pada Sabtu (20/3) pukul 18.09 waktu setempat, pada kedalaman 60 kilometer (37 mil) di perairan Pasifik di lepas pantai wilayah Miyagi.

Baca Juga: Pemuda di Kendari Tewas Setelah Dikeroyok dan Ditikam

Getaran gempa juga terasa di Ibu Kota Jepang, Tokyo.

Bulan lalu, wilayah itu juga diguncang gempa kuat yang melukai puluhan orang.

Jepang terletak di "Cincin Api" Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Negara ini sering dilanda gempa dan memiliki peraturan konstruksi yang ketat, yang dimaksudkan untuk memastikan bangunan dapat menahan getaran yang kuat. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga