UKM UHO Berhasil Jebol Kader Ikut Kompetisi Tingkat Nasional

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 20 Juni 2023
0 dilihat
UKM UHO Berhasil Jebol Kader Ikut Kompetisi Tingkat Nasional
Kader UKM-Pena UHO Kendari yang lulus sebagai peserta kopetisi program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Foto: Ist.

" Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran (UKM-Pena) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, berhasil mengirimkan puluhan kader untuk berpartisipasi pada kompetisi bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi "

KENDARI, TELISIK.ID - Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran (UKM-Pena) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, berhasil mengirimkan puluhan kader untuk berpartisipasi pada kompetisi bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Diketahuai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan beberapa kompetisi, di antaranya Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA), Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

Kegiatan tersebut merupakan event yang selalu diperebutkan dari tahun ke tahun. Seluruh mahasiswa Indonesia berebut untuk mendapatkan pendanaan program hingga sampai pada tahap awarding tingkat nasional.

Baca Juga: Launching Desain Baru, JDIH KemenKopUKM Yakini Optimal Lindungi KUMKM

Pada event tersebut, UKM-Pena UHO Kendari berhasil mengirimkan puluhan kader untuk berpartisipasi, Mulai dari PPK ORMAWA sebanyak 15 orang, PKM sebanyak 4 orang, serta P2MW sebanyak 2 orang. Nantinya para peserta yang terbagi dalam beberapa kelompok itu akan menjalankan proposal program yang telah diinisiasinya.

Sebelum para mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini diharuskan terlebih dahulu membuat proposal pendanaan riset yang akan diseleksi oleh penyelenggara. Kemudian proposal riset yang terpilih akan mendapatkan dana untuk melaksanakan risetnya.

Program-program tersebut menjadi wadah untuk pengembangan diri mahasiswa agar mampu mengembangkan softskill dan kapasitas kadernya lewat pengabdian masyarakat. Selain itu mendorong mahasiswa untuk melakukan beberapa riset pada 10 bidang, mulai dari eksakta, sosial humaniora, karsa cipta, dan bidang-bidang lainnya.

Ketua UKM-Pena, Rahmat mengungkapkan, kesyukuran atas terpilihnya kader-kader UMK  yang berhasil lolos dalam kompetisi bergengsi tersebut, dia berharap agar kader yang terpilih terus menebar semangat untuk berprestasi dan mabangun energi positif kepada seluruh mahasiswa.

Baca Juga: Menteri Koperasi dan UKM Apresiasi Peluncuran Pasar Lokal Suara UMKM

"Berharap para kader yang terpilih terus menebar semangat untuk berprestasi dan energi positif kepada seluruh mahasiswa UHO agar nantinya bisa berprestasi pada bidang yang sama," ungkapnya, Selasa (20/6/2023).

Sementara salah satu peserta yang lolos Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha, Nur Annisa Fatiha mengungkapkan, bersyukur diberi kesempatan menjadi bagian dari peserta walaupun persaingan P2MW ini  dikatakan sangatlah ketat dan harus bersaing dengan berbagai team lainnya yang tidak tergolong sedikit.

"Kami sangat bersyukur bisa diberikan kesempatan untuk menjadi salah satu penerima pendanaan P2MW di tahun 2023 ini, tentu kesempatan ini tidak akan kami sia-siakan dan kami sangat berharap minat mahasiswa untuk mengikuti program seperti ini dapat bertambah banyak diberbagai kampus terutama di UHO," tutur Nur Annisa Fatiha. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga